Windi Aulia, - (2025) Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Taruna Mandiri Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text (BAB GABUNGAN)
SKRIPSI WINDI AULIA (tanpa BAB HASIL) - Windi Lia.pdf - Published Version Download (7MB) | Preview |
|
|
Text (BAB HASIL)
SKRIPSI WINDI AULIA (BAB HASIL) - Windi Lia.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
urat persetujuan publikasi - Windi Lia.pdf - Published Version Download (321kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Geografi di SMA Taruna Mandiri Pekanbaru. Berpikir kritis sangat penting dalam pembelajaran geografi karena melibatkan analisis informasi dan pengambilan keputusan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah Quasi-eksperimen. dimana kelas X.2 menjadi kelas kontrol dan X.4 menjadi kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis pretest dan posttest, Uji Hipotesis T-test dan Uji N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Perbandingan rata-rata kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen meningkat dari 43,2 menjadi 89,43, sedangkan nilai kelas kontrol dari 47,62 meningkat menjadi 82,72. berdasarkan perhitungan statistik Uji T-test diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,050, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil Uji N-Gain menunjukkan pengaruh penggunaan model TAI mencapai 81,6% (kategori tinggi), Hasil tersebut juga memberikan makna bahwa Penggunaan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||
| Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi | ||||||||
| Depositing User: | Ms. Ernawati | ||||||||
| Date Deposited: | 22 Jul 2025 07:38 | ||||||||
| Last Modified: | 22 Jul 2025 07:38 | ||||||||
| URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/91102 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
