Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Taruna Mandiri Pekanbaru

Windi Aulia, - (2025) Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Taruna Mandiri Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (BAB GABUNGAN)
SKRIPSI WINDI AULIA (tanpa BAB HASIL) - Windi Lia.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB HASIL)
SKRIPSI WINDI AULIA (BAB HASIL) - Windi Lia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
urat persetujuan publikasi - Windi Lia.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Geografi di SMA Taruna Mandiri Pekanbaru. Berpikir kritis sangat penting dalam pembelajaran geografi karena melibatkan analisis informasi dan pengambilan keputusan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah Quasi-eksperimen. dimana kelas X.2 menjadi kelas kontrol dan X.4 menjadi kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis pretest dan posttest, Uji Hipotesis T-test dan Uji N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Perbandingan rata-rata kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen meningkat dari 43,2 menjadi 89,43, sedangkan nilai kelas kontrol dari 47,62 meningkat menjadi 82,72. berdasarkan perhitungan statistik Uji T-test diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,050, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil Uji N-Gain menunjukkan pengaruh penggunaan model TAI mencapai 81,6% (kategori tinggi), Hasil tersebut juga memberikan makna bahwa Penggunaan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAlfiah, -2021066801alfiah@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Ms. Ernawati
Date Deposited: 22 Jul 2025 07:38
Last Modified: 22 Jul 2025 07:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/91102

Actions (login required)

View Item View Item