PENGARUH PENERAPAN ATURAN ETIKA TERHADAP PENINGKATAN PROFESIONALISME AKUNTAN PUBLIK PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DIPEKANBARU

Ayuthia Ramadhani Herman, (2011) PENGARUH PENERAPAN ATURAN ETIKA TERHADAP PENINGKATAN PROFESIONALISME AKUNTAN PUBLIK PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DIPEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201156.pdf

Download (532kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh penerapan aturan etika terhadap peningkatan profesionalisme akuntan publik. Penelitian ini dilakukan pada 6 Kantor Akuntan Publik di Pekanbaru. Kuesioner yang disebarkan ada 37 buah. Alat analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda. Secar umum akuntan publik telah menerapkan aturan etika kompertemen akuntan publik dengan baik, yaitu dengan penerapan independensi, integritas dan objektivitas; penerapan standar umum dan prinsip akuntansi; penerapan tanggung jawab kepada klien; penerapan tanggung jawan kepada rekan seprofesi; penerapan tanggung jawab dan praktik lain. Begitu pula dengan profesionalisme yang telah diterapkan oleh akuntan publik cukup baik. Setelah diuji, ternyata penerapan aturan etika mempunyai pengaruh yang kurang kuat atau lemah untuk meningkatkan profesionalisme akuntan publik, Peningkatan profesionalisme akuntan publik 50,8% dipengaruhi oleh penerapan aturan etika, sedangkan 49,2% dipengaruhi faktor lainnya. Berdasarkan respon yang diperoleh dari 35 responden, penulis menyimpulkan bahwa penerapan aturan etika secara bersama – sama berpengaruh signifikan terhadap peningkatan profesionalisme akuntan publik. Namun secara parsial, hanya hipotesis satu tiga dan lima yaitu penerapan independensi, integritas dan objektivitas, tanggung jawab kepada klien serta penerapan tangggung jawab dan praktik lain yang baik dan konsisten berpengaruh signifikan meningkatkan profesionalisme akuntan publik. Dan hipotesis dua dan empat yaitu penerapan standar umum dan prinsip akuntansi serta penerapan tanggung jawab kepada rekan yang baik dan konsisten secara signifikan tidak berpengaruh terhadap peningkatkan profesionalisme akuntan publik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 14 Jan 2016 04:47
Last Modified: 14 Jan 2016 04:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/911

Actions (login required)

View Item View Item