KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI METODE KERJA KELOMPOK PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 21 PEKANBARU

Ondrional Mitra, (2011) KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI METODE KERJA KELOMPOK PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 21 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011192.pdf

Download (748kB) | Preview

Abstract

Dari hasil pengamatan terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ditemukan gejala-gejala atau fenomenafenomena sebagai berikut: 1) Adanya sebagian siswa yang kurang semangat dalam mengikuti proses pembelajaran. 2) Jika diberi kesempatan bertanya tidak bertanya. 3) Adanya sebagian siswa yang kurang aktif dalam memberikan sumbangan terhadap respons siswa yang kurang relevan atau salah. 4) Jika guru menerangkan materi pelajaran, siswa hanya mendengarkan tanpa berinisiatif bertanya dan menganggapi. Dan 5) Adanya sebagian siswa yang kurang aktif dalam mengerjakan tugas baik secara mandiri maupun kelompok. Berdasarkan fenomena di atas, peneliti tertarik ingin mengetahui bagaimana keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui suatu penelitian yang berjudul “Keaktifan Belajar Siswa Melalui Metode Kerja Kelompok Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 21 Pekanbaru”. Adapun lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 21 Pekanbaru, khususnya pada kelas VIII.2. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 21 Pekanbaru yang berjumlah 40 orang. Sedangkan objek dalam penelitian adalah Keaktifan Belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 21 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa lokal VIII di SMP Negeri 21 Pekanbaru yang berjumlah 397 orang siswa. Sedangkan teknik sampling yang dipergunakan adalah sampel bertujuan atau purposive sample. Teknik ini digunakan karena beberapa pertimbangan, misalnya keterbatasan waktu, tenaga dan dana sehingga tidak dapat mengambil sampel yang besar. Sehingga penelitian ini hanya memfokuskan pada siswa kelas VIII.2 yang berjumlah 40 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diambil kesimpulan bahwa pada observasi pertama keaktifan belajar siswa melalui metode kerja kelompok dengan persentase 50,75% dengan kategori “Kurang Baik”, karena berada pada rentang 40%-55%. Pada observasi kedua dengan persentase 58,0% dengan kategori “Cukup Baik” karena berada pada rentang 56%-75%. Sedangkan pada observasi ketiga juga mengalami peningkatan dengan persentase 67,25% dengan kategori “Cukup Baik” karena berada pada rentang 56%-75%. Sedangkan pada observasi keempat keaktifan belajar siswa meningkat dengan persentase 72,25% dengan kategori “Cukup Baik” karena berada pada rentang 56%-75%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 22 Dec 2015 03:57
Last Modified: 22 Dec 2015 03:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/91

Actions (login required)

View Item View Item