Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH TELUK KUANTAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

TETTI MEI YANTI, - (2025) KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH TELUK KUANTAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (BAB GABUNGAN)
GABUNGAN KECUALI BAB HASIL - Tetty Mei Yanti.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB HASIL)
BAB HASIL - Tetty Mei Yanti.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN - Tetty Mei Yanti.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH TELUK KUANTAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI Oleh : Tetti Mei Yant NIM : 12170521668 Pelayanan kesehatan merupakan kebutuhan dasar masyarakat yang menuntut perhatian serius dari pemerintah daerah. Namun di lapangan, masih banyak rumah sakit umum yang belum mampu memberikan pelayanan secara maksimal. Salah satunya adalah RSUD Teluk Kuantan yang masih menghadapi kendala seperti lamanya waktu tunggu, dan respons tenaga medis yang belum merata. Penelitian ini berusaha menggambarkan bagaimana kualitas pelayanan yang diterima pasien dengan mengacu pada lima dimensi SERVQUAL dari Zeithaml, Berry, dan Parasuraman: yaitu Bukti Fisik, Keandalan, Ketanggapan, Jaminan, dan Empati. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui teknik wawancara, observasi langsung, dokumentasi, serta triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pasien merasa cukup puas terhadap pelayanan yang mereka terima, terutama dari segi komunikasi petugas dan sikap ramah tenaga medis. Namun, masih ada keluhan terkait antrean panjang saat jam padat serta keterbatasan fasilitas di ruang tunggu. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa pelayanan di RSUD Teluk Kuantan sudah berada di jalur yang baik, tetapi tetap memerlukan perbaikan berkelanjutan. Peneliti merekomendasikan adanya evaluasi rutin, penambahan sarana fisik, serta pelatihan komunikasi dan empati secara berkala agar mutu pelayanan semakin meningkat dan mampu membangun kepercayaan publik. Kata kunci: Kualitas Layanan, Rumah Sakit, Pelayanan Publik, SERVQUAL, RSUD Teluk Kuantan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMUAMMAR ALKADAFI, -2004068601muamar@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 21 Jul 2025 04:49
Last Modified: 21 Jul 2025 04:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/90966

Actions (login required)

View Item View Item