Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

THE RELATIONSHIP BETWEEN METACOGNITIVE READING STRATEGIES AND EMOTIONAL INTELLIGENCE AMONG ENGLISH EDUCATION DEPARTMENT STUDENTS ATAN ISLAMIC UNIVERSITY IN PEKANBARU

MUTMAINAH, - (2025) THE RELATIONSHIP BETWEEN METACOGNITIVE READING STRATEGIES AND EMOTIONAL INTELLIGENCE AMONG ENGLISH EDUCATION DEPARTMENT STUDENTS ATAN ISLAMIC UNIVERSITY IN PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (BAB GABUNGAN)
SKRIPSI MUTMAINAH - Mutmainah.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB HASIL)
BAB IV - Mutmainah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
pernyataan upload - Mutmainah.pdf - Published Version

Download (567kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mutmainah (2025): Hubungan Antara Strategi Membaca Metakognitif dan Kecerdasan Emosional Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di Salah Satu Universitas Islam di Pekanbaru Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara strategi membaca metakognitif dan kecerdasan emosional di kalangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di sebuah universitas Islam di Pekanbaru. Dari total populasi sebanyak 130 mahasiswa, peneliti memilih 33 mahasiswa sebagai sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket strategi membaca metakognitif yang terdiri dari 30 butir pernyataan dan angket kecerdasan emosional yang terdiri dari 46 butir pernyataan. Data dianalisis menggunakan korelasi Pearson Product Moment melalui program SPSS versi 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan kuat (r = 0,802; p = 0,005) antara strategi membaca metakognitif dan kecerdasan emosional pada mahasiswa yang menggunakan strategi dukungan (Support Strategies). Sementara itu, tidak ditemukan hubungan yang signifikan pada mahasiswa yang menggunakan strategi global maupun strategi pemecahan masalah. Oleh karena itu, hipotesis alternatif (Ha) diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHARUM NATASHA, -2001038201harum.natasha@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Eko Syahputra
Date Deposited: 21 Jul 2025 03:33
Last Modified: 21 Jul 2025 03:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/90939

Actions (login required)

View Item View Item