Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN E-PROMOTION TERHADAP REPURCHASE INTENTION PADA TOKO RUMAH BELANJA MURAH (KOSMETIK LOKAL DAN IMPOR) KECAMATAN GUNUNG SAHILAN PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

RISKI FAJRIANI ARIA NINGSIH, - (2025) PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN E-PROMOTION TERHADAP REPURCHASE INTENTION PADA TOKO RUMAH BELANJA MURAH (KOSMETIK LOKAL DAN IMPOR) KECAMATAN GUNUNG SAHILAN PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (BAB GABUNGAN)
SKRIPSI NINGSIH TANPA BAB HASIL - RiskifajrianiNingsih Ningsih.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB HASIL)
SKRIPSI NINGSIH BAB HASIL - RiskifajrianiNingsih Ningsih.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (777kB)
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
Ningsih Publikasi - RiskifajrianiNingsih Ningsih.pdf - Published Version

Download (541kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perubahan perilaku konsumen akibat digitalisasi, teknologi internet memainkan peran penting dalam meningkatkan efektivitas promosi dan pelayanan kepada konsumen. Toko Rumah Belanja Murah (Kosmetik lokal dan Impor) sebagai pelaku UMKM juga turut mengadopsi teknologi ini untuk meningkatkan loyalitas pelanggan melalui strategi E-Service Quality dan E-Promotion. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh E-Service Quality Dan E-Promotion Terhadap Repurchase Intention serta meninjau kesesuaiannya dengan prinsip ekonomi syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian adalah seluruh konsumen Toko Rumah Belanja Murah (Kosmetik Lokal dan Impor) yang tercatat selama tahun 2024 berjumlah 13.273 orang. Jumlah sampel diambil menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 10%, sehingga diperoleh 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling. sumber data yang digunakan adalah data primer dan skunder. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji regresi linier berganda, uji T (parsial), uji F (simultan), dan koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian uji parsial (T-test), variabel E-Service Quality tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Repurchase Intention, yang ditunjukkan oleh nilai Thitung sebesar 1.805 lebih kecil dari Ttabel 1.984, dengan tingkat signifikansi 0.074 (> 0.05). Hal ini berarti (H0) diterima dan (Ha) ditolak. Sebaliknya, variabel E-Promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap Repurchase Intention, dengan nilai Thitung sebesar 4.053 lebih besar dari Ttabel 1.984, dan nilai signifikansi 0.000 (< 0.05), sehingga (H0) ditolak dan (Ha) diterima. Secara simultan (uji F), kedua variabel independen (E-Service Quality dan E-Promotion) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Repurchase Intention, dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar 27.242 > Ftabel sebesar 3.09, dan signifikansi 0.000 (< 0.05). Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0.360 menunjukkan bahwa 36% variabel Repurchase Intention dipengaruhi oleh E-Service Quality dan E-Promotion. Dari perspektif ekonomi syariah, E-Service Quality yang diterapkan diberikan secara aman dan nyaman digunakan sehingga mudah digunakan oleh pelanggan, dan E-Promotion yang diterapkan sudah sesuai prinsip-prinsip Islam yang mana tidak mempromosikan suatu produk secara berlebihan dan tidak menggunakan taktik promosi yang manipulatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRozi Andrini, -2002059401rozi.andrini@uin-suska.ac.id
Thesis advisorMusnawati, -2006027402musnawati_inindratno@yahoo.co.id
Subjects: 297 Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 18 Jul 2025 12:30
Last Modified: 20 Jul 2025 13:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/90870

Actions (login required)

View Item View Item