Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD IT DARUL HIKMAH

MUHAMMAD RINALDI (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD IT DARUL HIKMAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM.

[img]
Preview
Text (BAB GABUNGAN)
BAB GABUNGAN- MUHAMMAD RINALDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB HASI)
BAB HASIL MUHAMMAD RINALDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 2025.

Download (553kB)
[img]
Preview
Text (PERNYATAAN)
SURAT PERNYATAAN - MUHAMMAD RINALDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview

Abstract

Permasalahan rendahnya literasi numerasi siswa kelas IV SD IT Darul Hikmah Pekanbaru menjadi fokus utama penelitian ini. Literasi numerasi merupakan kemampuan penting dalam memahami dan menggunakan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk meningkatkan literasi. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan, literasi numerasi siswa hanya mencapai 51, yang berada dalam rentang 40 < p < 60 dengan kategori sedang. Pada Siklus I, nilai literasi numerasi menurun menjadi 54, yang masih berada pada kategori sedang. Namun, setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada Siklus II, capaian literasi numerasi meningkat signifikan menjadi 79,5, yang termasuk dalam rentang 60 < p < 80 dan dikategorikan tinggi. Model think pair share terbukti efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan serta memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan literasi numerasi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMardia Hayati2015107201mardia.hayati@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Supliadi
Date Deposited: 18 Jul 2025 04:11
Last Modified: 18 Jul 2025 04:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/90807

Actions (login required)

View Item View Item