Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARANCOOPERATIVESCRIPT TERHADAPKETERAMPILAN BERBICARA PADA PELAJARANBAHASA INDONESIA KELAS X SMANEGERI 1 KAMPAR

HIKMATUN NAZILA (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARANCOOPERATIVESCRIPT TERHADAPKETERAMPILAN BERBICARA PADA PELAJARANBAHASA INDONESIA KELAS X SMANEGERI 1 KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (BAB GABUNGAN)
FILE LENGKAPM KECUALI HASIL PENELTIIAN (BAB IV) - Hikmatun Nazilla.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB HASIL)
FILE HASIL PENELTIIAN (BAB IV) - Hikmatun Nazilla.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (678kB)
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
publikasi - Hikmatun Nazilla.pdf - Published Version

Download (506kB) | Preview

Abstract

Hikmatun Nazila, (2025) : Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Di SMA Negeri 1 Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa di SMA Negeri 1 Kampar serta mengetahui faktor-faktor penghambat keterampilan berbicara siswa di SMA Negeri 1 Kampar. Banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam meyampaikan ide serta kurangnya rasa percaya diri pada saat berbicara menggunakan Bahasa Indonesia. Kondisi ini mendorong peneliti untuk mencari solusi melalui penggunaan model yang lebih efektif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Cooperative Script terhadap keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas X SMA Negeri 1 kampar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimen, dengan desain penelitin Nonequivalent Control Group Desain (Pretest-posttest kelompok tidak di pilih secara random). Sampel yang diambil dari penelitian ini yaitu kelas X1 sebagai kelas kontrol dan X2 sebagai kelas eksperimen. Adapun Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling (sampel bertujuan). Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa data pada perbandingan posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan menggunakan uji Independent Test maka diperoleh thitung = 3,087 lebih besar dari ttabel = 2,024 dan Sig.(2-tailed) = 0.003. Karena Sig. (2-tailed) = 0.003 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah menggunakan model Cooperative Script. Kata Kunci: Pengaruh, Cooperative Script, Keterampilan Berbicara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorVera Sardila, -2015027401verasardila@uin-suska.ac.id.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 18 Jul 2025 03:44
Last Modified: 18 Jul 2025 03:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/90803

Actions (login required)

View Item View Item