PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP PROFESIONALISME DOSEN AKUNTANSI DI PERGURUAN TINGGI

Yogi Muhammad Iqbal, (2011) PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP PROFESIONALISME DOSEN AKUNTANSI DI PERGURUAN TINGGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201139.pdf

Download (372kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara persepsi mahasiswa yang berasal dari SMK (Akuntansi), Mahasiswa yang berasal dari SMA (IPS) dan Mahasiswa yang berasal dari MA jurusan IPS terhadap profesionalisme dosen akuntansi yang terdiri dari (knowledge, skill dan ethics) di perguruan tinggi. Variabel dalam penelitian ini adalah knowledge, skill dan ethics. Populasi dalam penelitian ini seluruh mahasiswa Jurusan Akuntansi S1 UIN Suska Riau yang terdaftar sebagai mahasiswa semester VII (tujuh) yang telah menempuh mata kuliah Pengantar Akuntansi, Auditing, Akuntansi Keuangan Lanjutan, Akuntansi Manajemen, dan Teori Akuntansi belum menyelesaikan teori. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 31 orang mahasiswa Jurusan Akuntansi S1 UIN Suska Riau . Penelitian ini menggunakan Uji 2-Independent Sample yaitu Mann Whitney-U, hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Pada variabel pertama yaitu knowledge tedapat dua hipotesis dengan nilai probabilitas signifikansi > α = 0,05 maka dapat diputuskan bahwa tidak terdapat perbedaan persepsi knowledge dosen akuntansi antara mahasiswa akuntansi yang berasal dari SMK Jurusan Akuntansi dengan mahasiswa yang berasal dari SMA Jurusan IPS dan Mahasiswa yang berasal dari MA jurusan IPS. Sedangkan satu hipotesis dengan nilai probabilitas signifikansi < α = 0,05 maka dapat diputuskan bahwa tidak terdapat perbedaan persepsi knowledge dosen akuntansi antara mahasiswa akuntansi yang berasal dari SMA Jurusan IPS dengan Mahasiswa yang berasal dari MA jurusan IPS. 2. Pada variabel skill terdapat satu hipotesis dengan nilai probabilitas signifikansi > α = 0,05 maka dapat diputuskan bahwa tidak terdapat perbedaan persepsi skill dan ethics dosen akuntansi antara mahasiswa akuntansi yang berasal dari SMK Jurusan Akuntansi dengan mahasiswa yang berasal dari. Sedangkan dua variabel lainnya dengan nilai probabilitas signifikansi < α = 0,05 maka dapat diputuskan bahwa terdapat perbedaan persepsi skill dosen akuntansi antara mahasiswa akuntansi yang berasal dari SMK Jurusan Akuntansi dan SMA Jurusan IPS dengan mahasiswa yang berasal dari MA jurusan IPS. 3. Pada variabel eticht terdapat dengan nilai probabilitas signifikansi > α = 0,05 maka dapat diputuskan bahwa terdapat perbedaan persepsi ethics dosen akuntansi antara mahasiswa akuntansi yang berasal dari SMK Jurusan Akuntansi, mahasiswa yang berasal dari SMA Jurusan IPS dan mahasiswa yang berasal dari MA jurusan IPS. Kata Kunci : General knowledge, Accounting education knowledge, Business education knowledge, Thinking skill, Problem-solving skill, listening and Speaking Skill, , Writing and Research Skill, Microcomputer and Quantitative Skill, Interpersonal Skill and Personal Appearance, Ethics.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 14 Jan 2016 04:43
Last Modified: 14 Jan 2016 04:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/908

Actions (login required)

View Item View Item