Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTUAN MEDIA MOTOR GARIS BILANGAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DI SD IT DARUL HIKMAH

WIRDA TUKHOIRUNI, - (2025) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTUAN MEDIA MOTOR GARIS BILANGAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DI SD IT DARUL HIKMAH. Skripsi thesis, UIN SUSKA.

[img]
Preview
Text
surat ket. plagiat - Wirda Tulkhoiruni.pdf

Download (844kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV - Wirda Tulkhoiruni.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB HASIL)
BAB IV - Wirda Tulkhoiruni.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari pendekatan realistic mathematics education terhadap kemampuan pemahaman konsep di SD IT Darul Hikmah. Penelitian ini dilatar belakangi atas rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran Matematika. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan Posttest-Only Control Design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD IT Darul Hikmah yang terdiri atas 2 kelas yang berjumlah 32 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pemahaman konsep kelas yang menerapkan pendekata realistic mathematics education dengan bantuan media motor garis bilangan lebih tinggi dibandingkan kelas kontro. Rata-rata pemahaman konsep kelas eksperimen 78,67 lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol 67,91. Berdasarkan hasil dari uji Mann Whitney U nilai signifikan yang dihasilkan 0,004. Karena nilai signifikan kurang dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan antara penggunaan pendekata realistic mathematics education berbantuan media motor garis bilangan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada muatan pelajaran matematika di SD IT Darul Hikmah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhusnal marzuko, -2025018702Khusnal.marzuko@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Gusneli -
Date Deposited: 18 Jul 2025 03:49
Last Modified: 18 Jul 2025 03:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/90799

Actions (login required)

View Item View Item