RISKA PUTRI UTAMI (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI HABITS OF MIND SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM.
|
Text (BAB HASIL)
SKRIPS RISKA PUTRIUTAMI - Riska Putri Utami.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
|
|
Text (BAB HASIL)
BAB IV - Riska Putri Utami.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 2025. Download (1MB) |
||
|
Text (PERNYATAAN)
Persetujuan Publikasi_compressed - Riska Putri Utami.pdf - Published Version Download (138kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Riska Putri Utami (2025): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Habits Of Mind Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari habits of mind siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan desain factorial eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tambang tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan cluster random sampling, terpilih kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.3 sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes, angket, observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, lembar angket habits of mind, dan lembar observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung. 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki habits of mind tinggi, sedang dan rendah. 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan habits of mind terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari habits of mind siswa di SMA Negeri 1 Tambang. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Habits Of Mind
| Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||
| Subjects: | 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||
| Depositing User: | Mr. Supliadi | ||||||||
| Date Deposited: | 18 Jul 2025 02:01 | ||||||||
| Last Modified: | 18 Jul 2025 02:01 | ||||||||
| URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/90738 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
