Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI HABITS OF MIND SISWA

RISKA PUTRI UTAMI (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI HABITS OF MIND SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM.

[img]
Preview
Text (BAB HASIL)
SKRIPS RISKA PUTRIUTAMI - Riska Putri Utami.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB HASIL)
BAB IV - Riska Putri Utami.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 2025.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (PERNYATAAN)
Persetujuan Publikasi_compressed - Riska Putri Utami.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Riska Putri Utami (2025): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Habits Of Mind Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari habits of mind siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan desain factorial eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tambang tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan cluster random sampling, terpilih kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.3 sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes, angket, observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, lembar angket habits of mind, dan lembar observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung. 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki habits of mind tinggi, sedang dan rendah. 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan habits of mind terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari habits of mind siswa di SMA Negeri 1 Tambang. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Habits Of Mind

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZULKIFLI NELSON2009076301zulkifli.nelson@uin-suska.ac.id
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr. Supliadi
Date Deposited: 18 Jul 2025 02:01
Last Modified: 18 Jul 2025 02:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/90738

Actions (login required)

View Item View Item