Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN KELELAHAN EMOSIONAL DENGAN EMOTION DYSREGULATION PADA PEKERJA KANTORAN PENGGUNA KRL DI JABODETABEK

NIKEN AYU, - (2025) HUBUNGAN KELELAHAN EMOSIONAL DENGAN EMOTION DYSREGULATION PADA PEKERJA KANTORAN PENGGUNA KRL DI JABODETABEK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (Gabungan)
GABUNGAN KECUALI BAB HASIL - NIKEN AYU FPSI S1.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (Hasil)
BAB HASIL - NIKEN AYU FPSI S1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
Text (Pernyataan)
SUKET PUBLIKASI NIKEN AYU - NIKEN AYU FPSI S1.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview

Abstract

Emotion dysregulation adalah ketidakmampuan individu dalam mengatur dan mengendalikan emosinya, sehingga menyebabkan kesulitan dalam mengelola emosi dengan efektif. Kelelahan emosional merupakan salah satu penyebab munculnya emotion dysregulation. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara kelelahan emosional dengan emotion dysregulation pada pekerja kantoran pengguna KRL di Jabodetabek, menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Sampel sebanyak 401 pekerja kantoran pengguna KRL yang bekerja di Jakarta diperoleh dengan teknik snowball sampling. Pengumpulan data menggunakan skala Difficulties in Emotion Regulation Scale Short Form (DERS-SF) sebanyak 18 aitem dan skala The Maslach-Trisni Burnout Inventory (M-TBI) sebanyak 9 aitem. Berdasarkan analisis regresi linear sederhana, terdapat hubungan positif dan signifikan antara kelelahan emosional dengan emotion dysregulation (p<0,05) dengan korelasi sebesar 0,927 dan F sebesar 2443,03. Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kelelahan emosional, maka semakin tinggi pula tingkat emotion dysregulation pada pekerja kantoran pengguna KRL di Jabodetabek. Hasil ini mengimplikasikan bahwa emotion dysregulation dapat dipengaruhi oleh kelelahan emosional yang dialami. Organisasi atau perusahaan dapat mempertimbangkan intervensi seperti manajemen stres dan fleksibilitas jam kerja. Untuk penyedia layanan transportasi, dapat meningkatkan fasilitas transportasi melalui penambahan jumlah gerbong, peningkatan kepastian dan keteraturan jadwal perjalanan, peningkatan kenyamanan gerbong, serta perbaikan aksesibilitas di stasiun guna mendukung mobilitas harian pekerja dan mengurangi kepadatan penumpang. Kata kunci: Emotion dysregulation, kelelahan emosional, pekerja kantoran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorANGGIA KARGENTI EVANURUL MARETTIH, -2012038101anggia.kargenti@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mr. doni s
Date Deposited: 24 Jul 2025 07:54
Last Modified: 24 Jul 2025 07:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/90683

Actions (login required)

View Item View Item