Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN FIQIH MUAMALAH TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI MELALUI ENDORSEMENT YANG DILAKUKAN TIKTOKER MEYDEN (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)

ANGELICA DORA JUWITA, - (2025) TINJAUAN FIQIH MUAMALAH TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI MELALUI ENDORSEMENT YANG DILAKUKAN TIKTOKER MEYDEN (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (BAB GABUNGAN)
FILE LENGKAP ANGELICA DORA JUWITA (KECUALI BAB IV) - Angelica Dora.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB HASIL)
FILE HASIL ANGELICA DORA JUWITA (BAB IV) - Angelica Dora.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (776kB)
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAN PUBLIKASI)
persetujuan publikasi enjel - Angelica Dora.pdf - Published Version

Download (432kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas praktik jual beli melalui endorsement yang dilakukan oleh TikToker Meyden, khususnya dalam konteks mahasiswa Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Latar be.lakang pe.ne.litian ini didasarkan pada perkembangan teknologi dan media sosial makin pesat dan sangat berpengaruh terhadap cara orang berbelanja. Salah satu perubahan yang terlihat jelas adalah munculnya cara jual beli baru lewat media sosial, seperti TikTok. Banyak masyarakat, khususnya anak muda, tertarik belanja karena terpengaruh oleh promosi dari para influencer yang mereka ikuti. Salah satu contoh yang ramai dibicarakan adalah TikToker bernama Meyden, yang sering melakukan promosi produk lewat siaran langsung (live streaming) dengan gaya bicara yang blak-blakan dan ceplas-ceplos. Pe.ne.litian ini be.rtujuan untuk me.nge.tahui bagaimana praktik jual be.li me.lalui e.ndorse.me.nt yang dilakukan ole.h TikToke.r Me.yde.n se.rta me.ninjau praktik te.rse.but dalam pe.rspe.ktif Fiqih Muamalah. Pe.ne.litian ini me.nggunakan pe.nde.katan kualitatif de.ngan me.tode. studi lapangan (fie.ld re.se.arch), me.libatkan wawancara te.rhadap 5 mahasiswa Program Studi Hukum E.konomi Syariah angkatan 2021 yang pe.rnah me.lakukan transaksi me.lalui TikTok Shop Me.yde.n. Hasil pe.ne.litian me.nunjukkan dari perspektif Hukum Ekonomi Syariah, praktik jual beli seperti ini secara hukum tetap sah karena memenuhi unsur pokok seperti kerelaan dan objek akad. Namun, terdapat kelemahan dalam pelaksanaan akad, khususnya terkait kejelasan ijab qabul dan transparansi produk. Gaya komunikasi Meyden yang blak-blakan dan minim penjelasan rinci berpotensi mengandung unsur gharar yasir (ketidakjelasan ringan). Meski gharar jenis ini tidak membatalkan akad, tetap perlu dihindari demi menciptakan transaksi yang tidak hanya sah secara hukum, tetapi juga beretika, adil, dan membawa keberkahan. Oleh karena itu, penting bagi para pelaku endorsement untuk menyampaikan informasi secara jujur dan jelas agar sesuai dengan prinsip-prinsip Fiqih Muamalah. Kata Kunci: E.ndorse.me.nt, TikTok, Jual Be.li, Gharar, Fiqih Muamalah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWAHIDIN, -2008017101wahidin@uin-suska.ac.id
Thesis advisorDARNILAWATI, -2008017101darnilawati@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Mr Eko Syahputra
Date Deposited: 17 Jul 2025 14:39
Last Modified: 17 Jul 2025 14:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/90676

Actions (login required)

View Item View Item