Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN KINERJA PENDIDIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 15 SAWIT PERMAI DAYUN SIAK SRI INDRAPURA

YASIR AKRAM, - (2025) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN KINERJA PENDIDIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 15 SAWIT PERMAI DAYUN SIAK SRI INDRAPURA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (BAB GABUNGAN)
YASIR AKRAM BAB GAB.PDF - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB HASIL)
SKRIPSI YASIR AKRAM (BAB HASIL) - Yasir Akram.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
Surat Persetujuan - Yasir Akram.pdf - Published Version

Download (577kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peran kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan kinerja pendidik di Sekolah Dasar Negeri 15 Sawit Permai, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak. 2) faktor pendudukung dan penghambat peran kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan kinerja pendidik di Sekolah Dasar Negeri 15 Sawit Permai, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini aldallalh pendidik, sedalngkaln objek dallalm penelitialn ini aldallalh peraln kepallal sekolalh sebalgali motivaltor dallalm meningkaltkaln kinerjal pendidik di Sekolalh Dalsalr Negeri 15 Salwit Permali, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak. ALdalpun informaln utalmal dallalm penelitialn ini aldallalh kepallal sekolalh, sementalral informaln pendukungnyal terdiri dalri 4 (empat) l pendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menjalankan perannya sebagai motivator dengan melakukan beberapa strategi, antara lain melalui pemberian apresiasi dan penghargaan tahunan kepada pendidik yang berprestasi, pembinaan rutin dalam rapat bulanan, mampu menciptakan suasana kerja yang nyaman dan kondusif, dan sudah menjadi teladan bagi pendidik. Faktor pendukungnya yaitu kerja sama kepala sekolah dengan pendidik terjalin dengan baik, komunikasi yang terbuka dalam menyampaikan ide, saran, dan keluhan, serta dukungan dari masyarakat sekitar dan lingkungan sekolah yang positif. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan waktu karena ada tanggung jawab eksternal, namun hal tersebut mampu diatasi dengan manajemen waktu yang baik dan koordinasi yang efektif. Jadi, kepala sekolah mampu menjalankan peran motivator dengan baik dan berdampak positif terhadap peningkatan kinerja pendidik di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyarifah, -2026026702Syarifahkhuzaini@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Eko Syahputra
Date Deposited: 19 Aug 2025 08:49
Last Modified: 19 Aug 2025 08:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/90668

Actions (login required)

View Item View Item