Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SDIT RAUDHATURRAHMAH PEKANBARU

ANNISA SOPIAN, - (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SDIT RAUDHATURRAHMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UIN SUSKA.

[img]
Preview
Text
ansoppp - Annisa Sopian.pdf

Download (514kB) | Preview
[img] Text (BAB HASIL)
PEMBAHASAN - Annisa Sopian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (914kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV - Annisa Sopian.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament untuk meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat siswa di kelas IV SDIT Raudhaturrahmah Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah 1 orang guru dan 24 siswa dan objeknya adalah model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament dan kemampuan mengemukakan pendapat. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dan pada setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi, dan teknik analisis datanya adalah deskriptif dengan persentase. Berdasarkan data hasil penelitian, diketahui bahwa model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat. Sebelum tindakan perbaikan dilakukan, nilai rata-rata siswa dalam mengemukakan pendapat hanya mencapai 65,1 atau tergolong dalam kategori “Kurang”. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas pada siklus I, nilai rata-rata siswa t meningkat menjadi 77,1 atau tergolong “Cukup”, dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 84,1 atau tergolong dalam kategori “Baik”. Dengan demikian disimpulkan bahwa model pembelajaaran kooperatif tipe team game tournament dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDIT Raudhaturrahmah Pekanbaru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisor-, Herlina2017077202herlina170772@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Gusneli -
Date Deposited: 17 Jul 2025 13:53
Last Modified: 17 Jul 2025 13:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/90663

Actions (login required)

View Item View Item