Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

RAPAN MODEL PEMBELAJARAN (VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTHETIC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VI DI SD NEGERI 007 TUALANG

NURMAYA ADELITA, - (2025) RAPAN MODEL PEMBELAJARAN (VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTHETIC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VI DI SD NEGERI 007 TUALANG. Skripsi thesis, UIN SUSKA.

[img]
Preview
Text
2 - Nurmaya Adelita.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV - Nurmaya Adelita.pdf

Download (574kB) | Preview
[img] Text (BAB HASIL)
GABUNGAN KECUALI BAB IV - Nurmaya Adelita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Meningkatkan Hasil Belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinesthetic) di kelas VI SDN 007 Tualang. Meningkatkan Hasil Belajarmerupakan aspek penting dalam proses belajar siswa karena memengaruhi partisipasi, keberanian dalam mengemukakan pendapat, serta kemandirian belajar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN 007 Tualang yang berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi aktivitas siswa dan guru, angket kepercayaan diri, serta tes hasil belajar. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran VAK mampu meningkatkan Meningkatkan Hasil Belajar siswa secara signifikan. Pada siklus I, persentase Meningkatkan Hasil Belajar siswa baru mencapai 72,5% (kategori cukup), dan meningkat pada siklus II menjadi 95% (kategori sangat baik). Aktivitas siswa juga menunjukkan peningkatan, dari rata-rata 79% pada siklus I menjadi 96,87% pada siklus II. Aktivitas guru meningkat dari 78,84% menjadi 91,37%. Hasil belajar siswa turut meningkat dengan pencapaian ketuntasan klasikal dari 72,5% di siklus I menjadi 95% di siklus II. Dengan demikian, model pembelajaran VAK terbukti efektif dalam meningkatkan Meningkatkan Hasil Belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Model ini dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran yang variatif, interaktif, dan menyenangkan untuk memaksimalkan potensi siswa secara optimal. Kata kunci: VAK, hasil belajar, pembelajaran Bahasa Indonesia, model pembelajaran, SDN 007 Tualang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDr. Yasnel, M.Ag, -2213272632yasnel@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Gusneli -
Date Deposited: 17 Jul 2025 13:34
Last Modified: 17 Jul 2025 13:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/90662

Actions (login required)

View Item View Item