SYARIPAH HASIBUAN, - (2025) ANALISIS MINAT MASYARAKAT DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN MENJADI NASABAH DI PT. BANK TABUNGAN NEGARA (BTN) KANTOR CABANG SYARIAH PEKANBARU. Laporan thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text (BAB GABUNGAN)
SKRIPSI SYARIPAH HASIBUAN (TANPA BAB HASIL) - Syaripahsb Syaripa.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB HASIL)
SKRIPSI SYARIPAH HASIBUAN (BAB HASIL) - Syaripahsb Syaripa.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (444kB) |
||
|
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
PERNYATAAN PUBLIKASI - Syaripahsb Syaripa.pdf - Published Version Download (127kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah pertumbuhan perbankan syariah sebagai alternatif bagi masyarakat, khususnya umat Islam, untuk menggunakan layanan perbankan yang sesuai dengan prinsip syariah. Namun, terkendala di sosialisasi dan kurangnya pengetahuan masyarakat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis minat masyarakat menjadi nasabah di PT. Bank Tabungan Negara (BTN) Kantor Cabang Syariah Pekanbaru dan penyebab terkendalanya ada di persepsi pengetahuan,dan promosi bagi masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deksriptif dimana letak lokasi penelitian di Jl. Jend. Sudirman No. 203 C-G Kel. Tangkerang Tengah Kec. Marpoyan Damai Pekanbaru 28282. Informan yaitu nasabah yang berjumlah 5 orang. Sedangkan objeknya bersumber dari data primer dan data skunder, teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan deskriptif untuk mengidentifikasi minat masyarakat menjadi nasabah BTN Syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi positif, pengetahuan yang baik, dan promosi yang efektif secara signifikan meningkatkan minat masyarakat untuk menjadi nasabah BTN Syariah. Persepsi nasabah tentang sistem bagi hasil, kemudahan akses informasi, dan promosi produk berbasis syariah terbukti menjadi faktor utama. Penelitian ini merekomendasikan BTN Syariah untuk meningkatkan sosialisasi, edukasi produk, dan diversifikasi strategi promosi guna menjangkau lebih banyak nasabah potensial.
| Item Type: | Thesis (Laporan) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||
| Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syari'ah | ||||||||
| Depositing User: | Ms. Ernawati | ||||||||
| Date Deposited: | 17 Jul 2025 08:46 | ||||||||
| Last Modified: | 17 Jul 2025 08:46 | ||||||||
| URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/90643 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
