Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SOCIO-SCIENTIFIC ISSUE SISWA KELAS X PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL

MARDHIAH (2025) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SOCIO-SCIENTIFIC ISSUE SISWA KELAS X PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM.

[img]
Preview
Text (BAB GABUNGAN)
SKRIPSI MARDHIAH (TANPA BAB HASIL)_ok - MARDHIAH PENDIDIKAN KIMIA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB HASIL)
SKRIPSI MARDHIAH (BAB HASIL) - MARDHIAH PENDIDIKAN KIMIA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 2025.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (PERNYATAAN)
surat pernyataan publikasi Mardhiah - MARDHIAH PENDIDIKAN KIMIA.pdf - Published Version

Download (461kB) | Preview

Abstract

Literasi sains merupakan kemampuan penting yang harus dimiliki siswa abad ke-21, tidak hanya untuk memahami konsep-konsep ilmiah, tetapi juga untuk menerapkannya dalam kehidupan nyata serta mengambil keputusan berdasarkan pemahaman ilmiah terhadap isu-isu sosial dan lingkungan. Hasil studi internasional seperti PISA menunjukkan bahwa tingkat literasi sains siswa Indonesia masih tergolong rendah. Hal ini menunjukkan perlunya strategi pembelajaran yang kontekstual dan bermakna. Pendekatan Socio-Scientific Issues (SSI) menjadi salah satu alternatif yang efektif karena mengangkat isu-isu sosial yang berkaitan dengan sains sebagai konteks pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman ilmiah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi sains siswa kelas X MAN 4 Kampar menggunakan pendekatan SSI. Literasi sains dianalisis berdasarkan tiga aspek utama, yaitu konteks, pengetahuan, dan kompetensi. Model pembelajaran yang diterapkan adalah Problem Based Learning berbasis SSI, yang dirancang untuk membantu siswa mengaitkan pengetahuan sains dengan permasalahan nyata di masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan dersain one shot case study. study. Teknik pengambilan sampel yang di gunakan adalah purposive sampling. Data kemampuan literasi sains siswa di peroleh dari tes essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test siswa adalah 63,34, termasuk kategori “sedang”. Hasil keseluruhan aspek indikator literasi sains, sebesar 74% yang termasuk kategori “tinggi”. Aspek tertinggi adalah aspek pengetahuan 76% dan aspek terendah adalah aspek konteks 71%. Hasil ini menunjukkan bahwa pendekatan SSI memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan literasi sains siswa, khususnya dalam memahami dan menghubungkan konsep ilmiah dengan isu- isu global seperti pemanasan global. Pendekatan Socio-Scientific Issues direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan literasi sains siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZona Octarya2028108401zona.octarya@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr. Supliadi
Date Deposited: 17 Jul 2025 07:25
Last Modified: 17 Jul 2025 07:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/90598

Actions (login required)

View Item View Item