M. HARIS MAULANA, - (2025) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MATERIAL BAHAN BANGUNAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN NBC (PT MULTIGUNA PRECAST MANDIRI). Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text (BAB GABUNGAN)
Repository cover, bab1-3,6-lampiran - M HARIS MAULANA Teknik Industri.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB HASIL)
BAB IV-V Repository 1_merged - M HARIS MAULANA Teknik Industri.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (480kB) |
||
|
Text (PERNYATAAN PUBLIKASI)
Surat pernyataan publikasi. - M HARIS MAULANA Teknik Industri.pdf - Published Version Download (500kB) | Preview |
Abstract
Pemasaran sangat berguna dalam meningkatkan kesadaran dan penjualan produk/jasa serta meningkatkan daya saing bisnis di pasar. Perusahaan Multiguna Precast Mandiri memiliki permasalahan penjualan yang tidak mencapai target. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran bahan bangunan pada Perusahaan X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) dan NBC (Naive Bayes Classifier). Karena metode tersebut dapat digunakan secara bersama-sama untuk menganalisis dan memprediksi kinerja bisnis atau proyek, maka dengan demikian, kombinasi SWOT dan NBC dapat membantu bisnis menganalisis dan memprediksi kinerja, serta mengembangkan strategi yang lebih efektif. Analisis SWOT digunakan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi Perusahaan XYZ dalam memasarkan bahan bangunan. Sedangkan NBC digunakan untuk mengklasifikasikan data pemasaran dan memprediksi potensi pasar. Berdasarkan hasil akhir perhitungan NBC, didapatkan bahwa strategi SO memiliki probabilitas tertinggi (0,0072). Dengan memanfaatkan hal tersebut, perusahaan dapat memperluas pasar, terutama di daerah sekitar yang sangat membutuhkan produk sejenis. Namun, perusahaan juga memiliki kelemahan dalam hal harga yang kompetitif dan promosi yang kurang efektif. Analisis SWOT juga mengidentifikasi peluang pasar yang besar di sektor konstruksi dan ancaman dari pesaing yang semakin ketat. Dengan menggunakan NBC, penelitian ini juga menemukan bahwa faktor yang paling berpengaruh dalam menentukan potensi pasar adalah harga, kualitas produk, dan promosi.
| Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||||||
| Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||||||
| Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri | ||||||||||||
| Depositing User: | Ayu - Apriliani | ||||||||||||
| Date Deposited: | 17 Jul 2025 05:56 | ||||||||||||
| Last Modified: | 18 Jul 2025 03:00 | ||||||||||||
| URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/90577 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
