Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS ANIMAKER UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU DARUL HIKMAH PEKANBARU

FADLIANDI, - (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS ANIMAKER UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UIN SUSKA.

[img]
Preview
Text
Doc4 - Fadli Andi.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PEMBAHASAN - Fadli Andi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB HASIL)
TANPA BAB IV - Fadli Andi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan praktikalitas, media pembelajaran berupa video animasi berbasis Animaker pada tema bagaimana bernapas membantu melakukan aktivitas di kelas V SDIT Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei hingga Juni 2025 di SDIT Darul Hikmah Pekanbaru, dengan subjek sebanyak 26 siswa kelas V terdiri dari 18 laki-laki dan 8 perempuan. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran video animasi yang dikembangkan menggunakan Animaker. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan antara lain lembar validasi ahli materi, ahli media, ahli bahasa, serta angket respons guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media ini dinilai layak berdasarkan uji validitas, dengan skor dari ahli materi sebanyak 95% dan ahli media sebesar 76%. Dari segi praktikalitas, guru memberikan skor 96,33% sangat praktis dan peserta didik memberikan skor 87,76% sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan agar pendidik dapat memanfaatkan dan mengembangkan video animasi berbasis Animaker sebagai media pembelajaran untuk menciptakan proses belajar yang berkualitas dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHerlina, -2017077202herlina170772@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Gusneli -
Date Deposited: 17 Jul 2025 05:46
Last Modified: 17 Jul 2025 05:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/90570

Actions (login required)

View Item View Item