Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

INTEGRASI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL MELAYU RIAU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 14 PEKANBARU

HARAPAN MULIA, - (2025) INTEGRASI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL MELAYU RIAU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 14 PEKANBARU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (BAB GABUNGAN)
TANPA BAB IV - Harapan Mulia.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB HASIL)
PEMBAHASAN - Harapan Mulia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (689kB)
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
Doc1 - Harapan Mulia.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi implementasi dan dampak integrasi nilai-nilai kearifan lokal Melayu Riau dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 14 Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen untuk memahami proses integrasi nilai-nilai kearifan lokal dalam konteks pembelajaran PAI. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa integrasi nilai-nilai kearifan lokal Melayu Riau dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 14 Pekanbaru telah berjalan dengan baik melalui berbagai upaya seperti tercermin pada kurikulum yang bertujuan tidak hanya untuk meningkatkan kemampuan akademik tetapi juga pembentukan karakter siswa, penguatan materi ajar dengan nilai-nilai budaya lokal oleh guru, pendekatan kontekstual dalam pembelajaran, serta penanaman karakter yang sesuai dengan norma dan adat Melayu. Integrasi ini tidak hanya memperkaya konten pembelajaran PAI, tetapi juga mampu membentuk sikap religius dan sosial siswa yang selaras dengan lingkungan budaya mereka. Keberhasilan ini didukung oleh peran aktif guru, dukungan sekolah, serta adanya fleksibilitas dalam implementasi Kurikulum Merdeka yang memberi ruang bagi penguatan nilai-nilai lokal dalam pendidikan. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi guru PAI dan pengambil kebijakan pendidikan untuk lebih mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal dalam kurikulum PAI sebagai upaya untuk memperkaya pengalaman belajar siswa dan memperkuat pengembangan karakter berbasis nilai-nilai budaya lokal.

Item Type: Thesis (Thesis)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHelmiati, -2022027001enikahar@yahoo.com
Thesis advisorAlwizar, -2022047001alwizarpba@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Eko Syahputra
Date Deposited: 06 Aug 2025 03:20
Last Modified: 06 Aug 2025 03:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/90558

Actions (login required)

View Item View Item