Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SDIT DARUL HIKMAH PEKANBARU

CICI FADILA, - (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SDIT DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (BAB GABUNGAN)
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV - CICI FADILA PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB HASIL)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN - CICI FADILA PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH.pdf

Download (880kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SURAT PUBLIKASI)
PERNYATAAN - CICI FADILA PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa melalui penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDIT Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah 1 orang guru dan 17 siswa. Objek Penelitian adalah model pembelajaran student facilitator and explaining dan keterampilan berbicara siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui model pembelajaran student facilitator and explaining. Sebelum tindakan perbaikan pembelajaran dilakukan, nilai rata- rata ketrampilan berbicara siswa adalah 57,64 atau tergolong dalam kategori cukup. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus I, nilai rata- rata siswa meningkat menjadi 66,18 dalam kategori tinggi, dan pada siklus II, nilai rata- rata siswa meningkat menjadi 80,74 atau tergolong kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran student facilitator and explaining dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDIT Darul Hikmah Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining, Keterampilan Berbicara Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMardia Hayati, -2015107201mardia.hayati@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs. Rasdanelis
Date Deposited: 17 Jul 2025 01:51
Last Modified: 17 Jul 2025 01:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/90485

Actions (login required)

View Item View Item