RIANA WAHYUNI, - (2025) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB TADZKIROTUSSAMI' WAL MUTAKALLIM KARYA BADRUDDIN IBNU JAMA'AH. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text (BAB GABUNGAN)
TESIS RIANA WAHYUNI (TANPA BAB HASIL) - Riana Wahyuni025.pdf - Published Version Download (9MB) | Preview |
|
|
Text (BAB HASIL)
TESIS RIANA WAHYUNI (BAB HASIL) - Riana Wahyuni025.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
serah terima - Riana Wahyuni025.pdf - Published Version Download (359kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena krisis moral saat ini sangat mengkhawatirkan dan menuntut perhatian serius dari berbagai pihak. Di zaman sekarang bukan hanya seorang murid yang mengalami krisis moral bahkan banyak ditemukan guru juga mengalami hal serupa. Fenomena ini bukan hanya mencerminkan rapuhnya nilai-nilai moral dalam masyarakat, tetapi menyoroti peran pendidikan. Masalah yang diteliti adalah nilai-nilai pendidikan karakter guru dan murid dalam kitab Tadzkirotus Sami’ wal Mutakallim serta relevansinya terhadap pendidikan Islam masa kini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter guru dan murid dalam kitab Tadkirotus Sami’ wal Mutakallim serta relevansinya terhadap pendidikan Islam masa kini. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif-kualitatif yang menitikberatkan pada analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter guru yang terdapat dalam kitab Tadzkirotus Sami’ wal Mutakallim itu ada 9 yaitu: nilai religius, nilai tanggung jawab, nilai sopan santun, nilai sosial, nilai tawadhu’/tidak sombong, nilai disiplin, nilai sabar, nilai kasih sayang, dan nilai keadilan. Sedangkan nilai-nilai pendidikan karakter murid ada 6 yaitu: nilai religius, nilai disiplin, nilai sabar, nilai sosial, nilai rasa ingin tahu, dan nilai sopan santun. Sementara itu, relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab ini memberikan panduan tentang karakter pendidik dan peserta didik yang dapat diterapkan dalam konteks pendidikan Islam masa kini. Adapun relevansinya bagi guru antara lain: niat ikhlas dan tanggung jawab, menjadi teladan (uswah), adab berinteraksi dengan murid dan ilmu. Sedangkan relevansinya bagi murid antara lain: niat ikhlas dan kesungguhan belajar, adab terhadap guru, menghargai ilmu dan proses belajar, serta memiliki akhlak mulia. Kata Kunci: Nilai, Pendidikan Karakter, Tadzkirotus Sami’ wal Mutakallim, Badruddin Ibnu Jama’ah
| Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||||||
| Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||||||
| Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
| Depositing User: | Mr Eko Syahputra | ||||||||||||
| Date Deposited: | 09 Oct 2025 06:39 | ||||||||||||
| Last Modified: | 09 Oct 2025 06:39 | ||||||||||||
| URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/90373 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
