ANALISIS PENERAPAN ELEKTRONIC DATA PROCESSING (EDP) DALAM SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) KABUPATEN SIAK

Umi Pasaribu, (2011) ANALISIS PENERAPAN ELEKTRONIC DATA PROCESSING (EDP) DALAM SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201128.pdf

Download (378kB) | Preview

Abstract

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Siak adalah perusahaan yang bergerak dibidang kesehatan yang bersifat sosial, tidak ada istilah untung atau rugi pada rumah sakit ini karena merupakan perusahaan milik Pemerintah Daerah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan sistem pemrosesan data elektronik dalam sistem informasi akuntansi pada RSUD Kabupaten Siak dan untuk mengetahui bagaimana sistem pengendalian EDP dalam rumah sakit ini. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu menguraikan suatu kenyataan yang ditemukan kemudian menganalisis data tersebut berdasarkan teori-teori yang berhubungan langsung dengan pembahasan masalah untuk kemudian dapat ditarik kesimpulannya. Sedangkan metode pengumpulan data dilakukan dengan mengajukan daftar pertanyaan dan wawancara dengan bagian yang terkait. Dari data yang diperoleh dan hasil jawaban dari daftar pertanyaan yang diajukan ditemukan bahwa rumah sakit dalam mengolah data menggunakan sistem pemrosesan tumpuk dan langsung. Rumah sakit menggunakan program Sofit V.1.1 dan GDO 2010 untuk menghasilkan laporan keuangan secara utuh. Ada beberapa kelemahan yang ditemukan penulis pada sistem pengolahan data elektronik dan sistem pengendalian intern di rumah sakit ini. Ini diketahui dari struktur organisasi rumah sakit yang belum mencantumkan bagian EDP dalam struktur organisasinya. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada pemisahan tugas dan tanggung jawab antara bagian akuntansi dengan pengolahan data elektonik. Dari penelitian yang dilakukan dapat diambil suatu kesimpulan bahwa dengan adanya penerapan sistem pemrosesan data elektronik dalam sistem informasi akuntansi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Siak maka rumah sakit dapat menghasilkan laporan keuangan dengan lebih cepat, tepat dan lengkap serta data menghemat waktu dan biaya. Sedangkan penerapan EDP jika ditinjau dari sistem pengendalian intern masih kurang baik karena ada fungsi-fungsi dalam rumah sakit yang malakukan tugas rangkap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika > 519 Matematika Terapan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 14 Jan 2016 04:34
Last Modified: 14 Jan 2016 04:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/903

Actions (login required)

View Item View Item