Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

INVESTIGATING THE IMPACT OF VOCABULARY LEARNING STRATEGIES ON VOCABULARY SIZE: A CORRELATIONAL STUDY AMONG ISLAMIC UNIVERSITY EFL LEARNERS IN PEKANBARU

-, NURSYAHIRA SYAHRAINI (2025) INVESTIGATING THE IMPACT OF VOCABULARY LEARNING STRATEGIES ON VOCABULARY SIZE: A CORRELATIONAL STUDY AMONG ISLAMIC UNIVERSITY EFL LEARNERS IN PEKANBARU. Skripsi thesis, UIN SUSKA.

[img]
Preview
Text
PERNYATAAN SERAH UPLOAD - nur syahira.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURSYAHIRA SYAHRAINI - nur syahira.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB HASIL)
BAB IV - nur syahira (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)

Abstract

ABSTRAK Nursyahira Syahraini (2025): Menyelidiki Dampak Strategi Pembelajaran Kosakata Terhadap Vocabulary Size: Sebuah Studi Korelasi Diantara Pelajar EFL Universitas Islam Pekanbaru. Penelitian ini meneliti hubungan antara strategi pembelajaran kosakata terhadap ukuran kosakata mahasiswa EFL di universitas Islam di Pekanbaru. Penelitian ini merupakan desain penelitian korelasional. Populasi dalam peneltian ini adalah siswa semester 6 dengan jumlah 122 siswa dan sampelnya adalah 34 siswa yang diambil menggunakan simple random sampling. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan dua instrument, yaitu angket untuk mengetahui strategi pembelajaran kosakata yang paling sering digunakan dan tes untuk mengetahui ukuran kosakata siswa. Peneliti menggunakan Pearson Product Moment Correlation melalui SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran kosakata oleh mahasiswa berada pada kategori „sering digunakan‟, dengan strategi determinasi sebagai strategi yang paling dominan dengan presentase sebesar 76.47%. Ukuran kosakata mahasiswa secara umum berada pada tingkat yang tinggi dengan 73.53% berada pada kategori tinggi, 26.47% berada pada kategori sedang, dan tidak ada siswa (0.00%) yang berada pada kategori rendah. Hasil penelitian menunjukkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0.035. Dapat dikatakan 0.035<0.05. Artinya hipotesis nol (H0) ditolak sedangkan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Nilai korelasi Pearson menunjukkan angka 0.363, yang berarti terdapat korelasi yang significant antara kedua variabel. Kesimpulanya, terdapat hubungan yang significant antara strategi pembelajaran kosakata siswa dengan ukuran kosakata mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorCUT RAUDHATUL MISKI, -2009017901cut.raudhatul.miski@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Gusneli -
Date Deposited: 16 Jul 2025 02:25
Last Modified: 16 Jul 2025 02:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/90291

Actions (login required)

View Item View Item