Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MARKET PLACE ACTIVITY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD ISLAM AS-SHOFA PEKANBARU

BUSTANUL ARIFIN, - (2025) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MARKET PLACE ACTIVITY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD ISLAM AS-SHOFA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (BAB GABUNGAN)
TANPA BAB IV-1 - Bustanul Arifin.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB HASIL)
PEMBAHASAN-1 - Bustanul Arifin.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (759kB)
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN BUSTANUL ARIFIN - Bustanul Arifin.pdf - Published Version

Download (930kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial di kelas IV Sekolah Dasar Islam As-Shofa Pekanbaru melalui penerapan metode pembelajaran market place activity. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian adalah 1 orang guru dan 24 orang siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran market place activity dan kemampuan komunikasi. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukan bahwa penerapan metode pembelajaran market place activity dapat meningkatkan kemampuan komunikasi. Hal ini diketahui sebelum tindakan kemampuan komunikasi diperoleh 41% atau berada pada kategori kurang. Pada siklus I kemampuan komunikasi mencapai 58% dengan kategori kurang. Pada siklus II kemampuan komunikasi meningkat mencapai 81% dengan kategori sangat baik, artinya kemampuan komunikasi sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran market place activity dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial di Kelas IV Sekolah Dasar Islam As-Shofa Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyafiah, -2012086401Syafiah@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms. Ernawati
Date Deposited: 15 Jul 2025 07:40
Last Modified: 15 Jul 2025 07:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/90245

Actions (login required)

View Item View Item