Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 012 KUALU

ASMAUL HUSNA, - (2025) PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 012 KUALU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (BAB GABUNGAN)
TANPA BAB IV_compressed-1 - Asmaul Husna.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB HASIL)
PEMBAHASAN - Asmaul Husna.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img]
Preview
Text (PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN ASMAUL HUSNA - Asmaul Husna.pdf - Published Version

Download (936kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan latar belakang pendidikan orang tua di Sekolah Dasar Negeri 012 Kualu dan untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri 012 Kualu. penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dikuatkan dengan kualitatif. penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 012 Kualu dengan populasi sebanyak 163 siswa dan sampel sebanyak 30 siswa. Teknik dalam pengambilan sampel yaitu teknik stratified random sampling (sampel acak berstrata). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi sebagai data inti dan wawancara sebagai data penguat. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi spearman, koefisien determinasi dan mengunakan analisis tematik sebagai analisis data wawancara untuk dijadikan data penguat. Latar belakang pendidikan orang tua di Sekolah Dasar Negeri 012 Kualu bervariasi. Dari 30 orang siswa yang dijadikan sampel penulis menemukan sebagian besar latar belakang pendidikan orang tua merupakan tamatan SD (29 orang), lalu tamatan SLTA (12 orang), lalu SLTP (8 orang), lalu tamatan perguruan tinggi (5 orang) dan tidak tamat SD (3 orang). Dari hasil penelitian dan analisis data maka penulis menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara latar belakang pendidikan orang tua dan prestasi belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri 012 Kualu. Hal ini diketahui dari hasil perhitungan uji korelasi spearman antara latar belakang pendidikan orang tua (X) dan prestasi belajar siswa (Y) melalui program SPSS dengan hasil rhitung > rtabel yaitu 0,543 > 0,361. Dengan kata lain, semakin tinggi latar belakang pendidikan orang tua maka semakin baik prestasi belajar siswa. Sedangkan perhitungan koefisien determinasi diperoleh hasil 29,48% latar belakang sebagai pengaruh prestasi belajar siswa, sedangkan 70,52% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMardia Hayati, -2015107201mardia.hayati@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ayu - Apriliani
Date Deposited: 15 Jul 2025 07:11
Last Modified: 18 Jul 2025 03:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/90233

Actions (login required)

View Item View Item