ANALISIS PELAYANAN PUBLIK PADA PUSKESMAS RAWAT INAP SIDOMULYO KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU

Siti Hulfiah, (2012) ANALISIS PELAYANAN PUBLIK PADA PUSKESMAS RAWAT INAP SIDOMULYO KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_201289ADN.pdf

Download (592kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Puskesmas Rawat Inap Sidomulyo Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu dikarenakan adanya indikasi bahwa pelayanan kesehatan pada masyarakat belum terlaksana seperti yang diharapkan, seperti pelayanan terkesan dipersulit, disebabkan karena pelayanan informasi kesehatan yang minim, waktu penyelesaian pelayanan tidak diinformasikan secara terbuka aparat yang berwenang melayani kurang tanggap terhadap pasien serta sarana dan prasarana yang belum memadai dan tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pelayanan publik pada Puskesmas Rawat Inap Sidomulyo dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh pihak Puskesmas dalam meningkatkan pelayanan publik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, quesioner, wawancara dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini berjumlah 52 orang yang terdiri dari pasien rawat inap dan pasien rawat jalan. Kemudian teknik analisa data yang penulis gunakan dalam penelitian adalah bersifat deskriptif kualitatif, yaitu menganalisis data yang telah terkumpul, ditabulasikan menurut jenis data, dan memberikan keterangan dengan mengaitkan dengan teori yang sesuai dengan permasalahan yang ada dan memberikan interprestasi terhadap hasil yang relevan yang kemudian diambil kesimpulan dan saran. Dalam penelitian ini, pelayanan publik pada Puskesmas Rawat Inap Sidomulyo Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru dilihat berdasarkan Keputusan MENPAN No.63/Kep/Menpan/7/2004 tentang pedoman umum penyelenggaraan pelayanan publik, yaitu prosedur pelayanan, waktu penyelesaian pelayanan, biaya pelayanan, sarana dan prasarana, kompetensi dan sikap petugas. Dari hasil pengukuran terhadap masing-masing indikator tersebut, maka dapat dinyatakan bahwa pelayanan publik pada Puskesmas Rawat Inap Sidomulyo dapat dinyatakan dalam kategori cukup baik dan upaya yang dilakukan oleh Puskesmas meliputi pelayanan kesehatan dasar, pelayanan kesehatan dalam situasi bencana, pembinaan kesehatan lingkungan dan sanitasi dasar serta promosi kesehatan. Oleh sebab itu penulis menyarankan salah satu upaya untuk menjamin dan mempertahankan kualitas pelayanan yang prima dengan mensejajarkan pelayanannya dengan organisasi swasta yang sangat mengutamakan kepuasan pelanggan dengan motto kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 24 Nov 2016 03:09
Last Modified: 24 Nov 2016 03:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9019

Actions (login required)

View Item View Item