PENGARUH PROFESIONALISME AUDITOR TERHADAP TINGKAT MATERIALITAS DALAM PEMERIKSAAN LAPORAN KEUANGAN PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI PEKANBARU

Sefri Dewi, (2011) PENGARUH PROFESIONALISME AUDITOR TERHADAP TINGKAT MATERIALITAS DALAM PEMERIKSAAN LAPORAN KEUANGAN PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201123.pdf

Download (404kB) | Preview

Abstract

Auditor independen adalah auditor profesional yang menyediakan jasanya kepada masyarakat umum terutama dalam bidang audit atas laporan keuangan yang dibuat oleh kliennya. Tugas seorang auditor adalah memeriksa dan memberikan opini terhadap kewajaran laporan keuangan suatu entitas usaha berdasarkan standar yang ditentukan IAI. Salah satu tanggung jawab auditor adalah menentukan pertimbangan tingkat materialitas laporan keuangan kliennya. Pertimbangan materialitas auditor dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satu faktor internal yang sangat penting peranannya dalam menentukan pertimbangan materialitas auditor adalah profesionalisme auditor. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pengabdian pada profesi, kewajiban sosial, kemandirian, keyakinan terhadap peraturan profesi dan hubungan dengan rekan seprofesi berpengaruh terhadap pertimbangan tingkat materialitas dalam pemeriksaan laporan keuangan pada Kantor Akuntan Publik di Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengabdian pada profesi, kewajiban sosial, kemandirian, keyakinan terhadap peraturan profesi, dan hubungan dengan rekan seprofesi dapat mempengaruhi tingkat materialitas dalam pemeriksaan laporan keuangan pada Kantor Akuntan Publik di Pekanbaru. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada satu variabel yang tidak berpengaruh terhadap tingkat materialitas dalam pemeriksaan laporan keuangan yaitu variabel kemandirian. Sedangkan variabel pengabdian pada profesi, kewajiban sosial, keyakinan terhadap peraturan profesi dan hubungan dengan rekan seprofesi mempunyai pengaruh terhadap tingkat materialitas dalam pemeriksaan laporan keuangan pada Kantor Akuntan Publik di Pekanbaru. Secara berasam-sama dimensi profesionalisme auditor memberikan sumbangan terhadap variabel tingkat materilaitas dalam pemeriksaan laporan keuangan sebesar 69,6% sedangkan sisanya 30,4% dipengaruhi oleh faktor lain diluar model.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika > 519 Matematika Terapan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 14 Jan 2016 04:31
Last Modified: 14 Jan 2016 04:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/901

Actions (login required)

View Item View Item