Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA MELALUI STRATEGI ACTIVE LEARNING FORMASI REGU TEMBAK PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI TUMBUHAN HIJAU SISWA KELAS V SDN 002 KOTO AMAN KABUPATEN KAMPAR

INDA RAUDATUL JANNAH, - (2025) PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA MELALUI STRATEGI ACTIVE LEARNING FORMASI REGU TEMBAK PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI TUMBUHAN HIJAU SISWA KELAS V SDN 002 KOTO AMAN KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UIN SUSKA.

[img]
Preview
Text
SURAT PERNYATAAN UPLOAD INDA - Inda Raudatul.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI INDA RAUDATUL JANNAH - Inda Raudatul.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB HASIL)
BAB IV - Inda Raudatul.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Inda Raudatul Jannah, (2025): Peningkatan Keterampilan Komunikasi Siswa melalui Strategi Active Learning Formasi Regu Tembak pada Mata Pelajaran IPAS Materi Tumbuhan Hijau Siswa Kelas V SDN 002 Koto Aman Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa melalui penerapan strategi active learning formasi regu tembak pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial materi tumbuhan hijau di kelas V SDN 002 Koto Aman, Kabupaten Kampar. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan komunikasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahapan, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 16 orang siswa kelas V. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, dan penilaian unjuk kerja keterampilan komunikasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada aspek keterampilan komunikasi siswa. Pada pra-siklus, rata-rata nilai keterampilan komunikasi siswa hanya mencapai 50,94 dalam kategori cukup. Setelah diterapkan strategi active learning formasi regu tembak, pada siklus I terjadi peningkatan menjadi 69,06 dalam kategori baik. dan pada siklus II meningkat menjadi 83,44 dalam kategori sangat baik. Dengan demikian strategi active learning formasi regu tembak terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa secara menyeluruh pada pembelajaran IPAS. Kata kunci: Strategi Active Learning, Formasi Regu Tembak, Keterampilan Komunikasi, IPAS, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNURHASNAWATI, -2006026801nurhasnawati@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Gusneli -
Date Deposited: 14 Jul 2025 02:51
Last Modified: 14 Jul 2025 02:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/90012

Actions (login required)

View Item View Item