PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR MURID DALAM PEMBELAJARAN PAI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KANCING GEMERINCING DI KELAS V SDN 004 RANAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Arnihar, (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR MURID DALAM PEMBELAJARAN PAI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KANCING GEMERINCING DI KELAS V SDN 004 RANAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011191.pdf

Download (764kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan berfikir murid dalam pembelajaran PAI di kelas V SDN 004 Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar setelah diterapkan Strategi Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah kemampuan berfikir murid dalam pembelajaran PAI dapat ditingkatkan melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing di kelas V SDN 004 Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah murid Kelas V tahun pelajaran 2009-2010 dengan jumlah murid sebanyak 28 orang dan objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan berfikir murid dalam pembelajaran PAI melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing di Kelas V SDN 004 Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi yang dilakukan setiap kali pertemuan. Data yang diperoleh melalui observasi merupakan data ordinal. Untuk mengetahui apakah ada peningkatan motivasi belajar siswa maka data tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus chi kuadrat. Setelah dianalisis diketahui terdapat peningkatan yang signifikan antara kemampuan berfikir murid dalam pembelajaran PAI sebelum penerapan dan kemampuan berfikir murid dalam pembelajaran PAI setelah penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing. Dengan hasil c 2 = 28,0 dan harga kritik chi kuadrat (c 2 hitung ≥ c 2 tabel) baik pada taraf signifikan 1% maupun 5% yaitu (9,49<28,0>13,28) Berdasarkan kriteria pengujian, maka Ha diterima. Artinya terjadi peningkatan kemampuan berfikir murid dalam pembelajaran PAI. Hasilnya ada peningkatan kemampuan berfikir murid dalam pembelajaran PAI di kelas V SDN 004 Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar melalui penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 22 Dec 2015 03:55
Last Modified: 22 Dec 2015 03:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/90

Actions (login required)

View Item View Item