Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL QUR’AN KABUPATEN KAMPAR

ZAKENIA KHAIRUNNISA, - (2025) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL QUR’AN KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM.

[img]
Preview
Text (GABUNGAN)
GABUNGAN KECUALI BAB HASIL - Zakenia Khairunnisa.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text (HASIL)
BAB HASIL - Zakenia Khairunnisa.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text (PERNYATAAN)
SURAT PERNYATAAN - Zakenia Khairunnisa.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Zakenia Khairunnisa (2025): Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Tsanawiyah Darul Qur’an Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran snowball throwing terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Madrasah Tsanawiyah Darul Qur’an Kabupaten Kampar. Berdasarkan temuan di lapangan diketahui siswa mengalami masalah dalam proses belajar dalam pembelajaran IPS. Hal ini terjadi dikarenakan siswa terlihat tidak antusias dalam proses belajar. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII di MTs Darul Qur’an Kabupaten Kampar Provinsi Riau pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Adapun jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian One Group Desain. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Sampel pada penelitian ini berjumlah 41 orang dengan sebaran 24 orang kelas eksperimen dan 17 orang kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diketahui perhitungan thitung dan ttabel yang diperoleh thitung >ttabel atau 5,156 > 2,02 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan adanya pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS di Madrasah Tsanawiyah Darul Qur’an Kabupaten Kampar pada kelas VIII. Adapaun persentase pengaruh metode pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS diperoleh hasil uji effect size yang memperoleh nilai sebesar 8,94 Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif, Snowball Throwing; Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorROHANI2022066701rohani@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: Mr. Supliadi
Date Deposited: 11 Jul 2025 07:47
Last Modified: 11 Jul 2025 07:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/89962

Actions (login required)

View Item View Item