Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENDIDIKAN MATEMATIKA JUDUL : PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA SMP/MTs

WAHIDIYA ARSYIRATUL J (2025) PENDIDIKAN MATEMATIKA JUDUL : PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (BAB GABUNGAN)
WAHIDIYA ARSYIRATUL J_(TANPA BAB IV)_compressed - Thasya Salsabila.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB HASIL)
WAHIDIYA ARSYIRATUL J_(BAB IV) - Thasya Salsabila.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
Surat pernyataan serah simpan karya_Wahidiya Arsyiratul J - Thasya Salsabila.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari self efficacy siswa SMP/MTs. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian design factorial eksperiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al-Muttaqin Pekanbaru tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian ini dipilih dengan cluster random sampling, terpilih kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VII G sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes, angket, dan observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil Kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. 2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang memiliki self efficacy tinggi, sedang, dan rendah. 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan self efficacy terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Dengan demikian secara umum dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari self efficacy siswa SMP/MTs.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHabibis Saleh, -2009108002habibis.saleh@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 11 Jul 2025 02:09
Last Modified: 11 Jul 2025 02:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/89882

Actions (login required)

View Item View Item