WAHIDIYA ARSYIRATUL J (2025) PENDIDIKAN MATEMATIKA JUDUL : PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text (BAB GABUNGAN)
WAHIDIYA ARSYIRATUL J_(TANPA BAB IV)_compressed - Thasya Salsabila.pdf - Published Version Download (7MB) | Preview |
|
|
Text (BAB HASIL)
WAHIDIYA ARSYIRATUL J_(BAB IV) - Thasya Salsabila.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
Surat pernyataan serah simpan karya_Wahidiya Arsyiratul J - Thasya Salsabila.pdf - Published Version Download (365kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari self efficacy siswa SMP/MTs. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian design factorial eksperiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al-Muttaqin Pekanbaru tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian ini dipilih dengan cluster random sampling, terpilih kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VII G sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes, angket, dan observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil Kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. 2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang memiliki self efficacy tinggi, sedang, dan rendah. 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan self efficacy terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Dengan demikian secara umum dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari self efficacy siswa SMP/MTs.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||
| Depositing User: | Ari Eka Wahyudi | ||||||||
| Date Deposited: | 11 Jul 2025 02:09 | ||||||||
| Last Modified: | 11 Jul 2025 02:09 | ||||||||
| URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/89882 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
