NUR AFLIZAH, - (2025) PENGELOLAAN PROGRAM SUMBANGAN PEMBINAAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN AT-TAUFIQ PETAPAHAN. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text (BAB GABUNGAN)
TESIS NUR AFLIZAH - Aflizah.pdf - Published Version Download (10MB) | Preview |
|
|
Text (BAB HASIL)
BAB IV - Aflizah.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
pernyataan serah upload - Aflizah.pdf - Published Version Download (555kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nur Aflizah: Pengelolaan Program Sumbangan Pembinaan Pendidikan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Santri Di Pondok Pesantren At-Taufiq Petapahan Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam tradisional memainkan peran penting dalam membentuk karakter dan kecerdasan santri, namun tidak jarang menghadapi kendala dalam aspek pendanaan, terutama terkait keterbatasan dukungan pemerintah dan pengelolaan sumber daya internal yang masih konvensional. Salah satu strategi yang diterapkan oleh Pondok Pesantren At-Taufiq Petapahan untuk mengatasi keterbatasan tersebut adalah melalui pengelolaan Program Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) yang digunakan tidak hanya untuk operasional lembaga, tetapi juga sebagai alat peningkatan kualitas pendidikan santri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengelolaan program SPP dilaksanakan dalam meningkatkan prestasi belajar santri, dengan fokus pada aspek perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi program. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi administratif dengan melibatkan pimpinan pesantren, bendahara, komite sekolah, serta kepala madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan program SPP dilaksanakan secara terstruktur dan partisipatif, dengan sistem pelaporan yang transparan dan akuntabel. Program ini mampu menyediakan fasilitas pendidikan yang lebih baik, memberikan beasiswa kepada santri berprestasi yang kurang mampu, serta mendukung pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran berbasis karakter. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pengelolaan program SPP yang efektif dan berkelanjutan dapat meningkatkan prestasi belajar santri baik dalam aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik, serta mendorong kemandirian pondok pesantren dalam mengelola keuangannya tanpa ketergantungan penuh pada dana eksternal. Penelitian ini memberikan kontribusi nyata dalam wacana manajemen keuangan pendidikan Islam serta dapat dijadikan rujukan bagi lembaga pendidikan serupa dalam menerapkan model pengelolaan pembiayaan berbasis partisipasi masyarakat. Kata Kunci: Pengelolaan, Sumbangan Pembinaan Pendidikan, Pretasi Belajar.
| Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||||||
| Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||||||
| Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||||||
| Depositing User: | Mr Eko Syahputra | ||||||||||||
| Date Deposited: | 19 Jul 2025 00:11 | ||||||||||||
| Last Modified: | 19 Jul 2025 00:11 | ||||||||||||
| URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/89748 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
