FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGRUHI KELENGKAPAN PENGUNGKAPAN LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI

Sefani, (2011) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGRUHI KELENGKAPAN PENGUNGKAPAN LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201108.pdf

Download (368kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap kelengkapan pengungkapan laporan keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia). Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI dengan jumlah populasi sebanyak 149 perusahaan. Dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria perusahaan yang tergolong industri manufaktur yang terdaftar di BEI, perusahaan yang mempublikasikan laporan tahunan, perusahaan yang memiliki data lengkap, perusahaan yang memiliki laba positif. Dari kritetria tersebut didapat sampel penelitian sebanyak 50 laporan keuangan tahunan perusahaan. Dengan periode penelitian selama 2 tahun. Untuk pengujian secara statistik penulis menggunakan SPSS versi 15 dengan alat uji t Statistik dan uji F Simultan. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis, maka diuji kenormalan data dengan menggunakan uji Kolmogorov Smirnov. Setelah berhasil melalui seluruh pengujian data maka barulah dilakukan pengujian hipotesis. Hasil pengujian dari hipotesis pertama menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh ukuran perusahaan terhadap tingginya kelengkapan pengungkapan laporan keuangan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,536 > 0,05 yang menunjukkan tidak terdapat pengaruh dan dilihat dari thitung (0,621) < ttabel (1,661). Hipotesis kedua menunjukkan tidak terdapat pengaruh profitabilitas terhadap tingginya kelengkapan pengungkapan laporan keuangan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,735 > 0,05 yang menunjukkan tidak terdapat pengaruh dan dilihat dari nilai t hitung (-0,339) < ttabel ( 1,661). Hipotesis ketiga menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh solvabilitas terhadap tingginnya kelengkapan pengungkapan laporan keuangan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,425 > 0,05 yang menunjukkan tidak terdapat pengaruh dan dilihat dari nilai thitung (0,801) < ttabel (1,661). Hipotesis keempat menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh likuiditas terhadap tingginya kelengkapan pengungkapan laporan keuangan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,181 > 0,05 yang menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh dan dilihat dari t hitung (1,349) < ttabel (1,661). Dan hipotesis kelima menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh porsi saham publik terhadap tingginya kelengkapan pengungkapan laporan keuangan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,325 >0,05 yang menunjukkan tidak terdapat pengaruh dan dilihat dari nilai thitung (0,990) < ttabel (1,661).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika > 519 Matematika Terapan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 14 Jan 2016 04:25
Last Modified: 14 Jan 2016 04:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/897

Actions (login required)

View Item View Item