Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LABORATORY TRAINING UNTUK MENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V SDN 017 KUALU KECAMATAN TAMBANGKABUPATEN KAMPAR

Masnida (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LABORATORY TRAINING UNTUK MENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V SDN 017 KUALU KECAMATAN TAMBANGKABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013479PGMI.pdf

Download (272kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi bahan penyusun benda dan sifatnya melalui Strategi Pembelajaran Laboratory Training siswa kelas V SDN 017 Kualu Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial terdapat beberapa fenomena yang berkaitan dengan aktivitas belajar siswa diantaranya: Kurangnya aktivitas siswa dalam belajar misalnya memberikan tanggapan atau sanggahan atau pendapat yang berkaitan dengan materi yang sedang dipelajari. Dari hasil observasi, hanya 58% dari 15 siswa siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian lebih terarah sesuai dengan perencanaan, maka penelitian ini terdiri atas beberapa tahapan yaitu: perencanaan/persiapan tindakan, kemudian pelaksanaan tindakan, serta observasi dan refleksi tindakan. Adapun yang menjadi Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 017 Kualu Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah penerapan Strategi Pembelajaran Laboratory Training untuk Meningkatan aktivitas belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V SDN 017 Kualu Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan seperti disampaikan pada bab IV dapat disimpulkan bahwa sebelum tindakan diperoleh persentase sebesar 58% atau dengan kategori “cukup”, kemudian pada pertemuan I sebesar 72% dengan kategori “baik” dan pertemuan II sebesar 81% dengan kategori “baik”. Artinya penggunaan strategi laboratory training dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V SDN 017 Kualu Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Nov 2016 15:27
Last Modified: 24 Nov 2016 14:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8967

Actions (login required)

View Item View Item