Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

INVESTIGATING SELF DIRECTED LEARNING OF STUDENTS’ ACADEMIC ACHIEVEMENT AT ENGLISH EDUCATION DEPARTMENT OF STATE ISLAMIC UNIVERSITY OF SULTAN SYARIF KASIM RIAU

RIMA RASIFAH, - (2025) INVESTIGATING SELF DIRECTED LEARNING OF STUDENTS’ ACADEMIC ACHIEVEMENT AT ENGLISH EDUCATION DEPARTMENT OF STATE ISLAMIC UNIVERSITY OF SULTAN SYARIF KASIM RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (BAB GABUNGAN)
SKRIPSI RIMA RASIFAH - Rima rasifah.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB HASIL)
BAB IV - Rima rasifah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (686kB)
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
PERNYATAAN SERAH UPLOAD - Rima rasifah.pdf - Published Version

Download (558kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rima Rasifah (2025): Menginvestigasi metode Pembelajaran Mandiri terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa pada jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universeitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Self Directed Learning merupakan salah satu strategi pembelajaran yang biasanya selalu digunakan oleh mahasiswa. Self Directed Learning dapat mempengaruhi nilai atau prestasi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penggunaan Self Directed Learning terhadap prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan desain penelitian kuantitatif. Jumlah responden sebanyak 35 orang. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah kuesioner. Skala penilaian diri Self Directed Learning (SRSSDL) dan kuesioner tertutup digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil temuan, terdapat 27 siswa dengan persentase 77.1%% yang mendapatkan nilai lebih dari 140. Namun, terdapat juga 8 mahasiswa yang termasuk dalam kategori menengah/sedang dalam penggunaan self directed learning yang mendapatkan nilai kuesioner kurang dari 140 dengan persentase 22.9%. Meskipun perbedaannya sangat kecil, kedua rata-rata tersebut termasuk dalam klasifikasi IPK ―Sangat Baik‖. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa Self-Directed Learning berpengaruh positif terhadap prestasi akademik mahasiswa. Mahasiswa yang mengambil lebih banyak tanggung jawab untuk pembelajaran mereka, merencanakan dan memantau kemajuan mereka, dan menggunakan strategi pembelajaran yang efektif cenderung memiliki prestasi akademik yang lebih baik. Meskipun perbedaan antara kategori SDL tidak besar, IPK yang tinggi secara konsisten di antara para mahasiswa menunjukkan bahwa SDL berkontribusi pada kesuksesan akademik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRIZKI AMELIA, -2018089205rizki.amelia@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 07 Jul 2025 06:19
Last Modified: 07 Jul 2025 06:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/89513

Actions (login required)

View Item View Item