RIZKI IKHWANA HARAHAP
(2025)
HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH 02 PEKANBARU.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Full text not available from this repository.
Abstract
ABSTRAK Rizki Ikhwana Harahap, (2025): Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 02 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan kecerdasan emosional dengan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Tsanawiyah Muhammdiyah 02 Pekanbaru. Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa diantaranya siswa kurang berhasrat dan keinginan untuk berhasil dan siswa kurang adanya dorongan dan kebutuhan belajar pada pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain yang digunakan adalah korelasi. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII yang berjumlah 234 siswa dan mewakili 78 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji hipotesis, uji korelasi, uji koefisien atau determinasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa kemampuan hubungan kecerdasan emosional dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial memiliki hubungan yang signifikan. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan uji korelasi Product Moment diperoleh nilai r (person correlation) atau r hitung sebesar 0,421 dengan tingkat probabilitas 0,000. Berdasarkan perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa 0,421 > 0,187 pada taraf signfikan 5% berarti Ha diterima Ho ditolak. 0,421 > 0,263 pada taraf signfikan 1% berarti Ha diterima Ho ditolak Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar Siswa, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.
Actions (login required)
 |
View Item |