Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAYANAN KBIHU DARUSSALAM TERHADAP CALON JAMAAH HAJI KOTA PEKANBARU DALAM PENYELENGGARAAN BIMBINGAN MANASIK HAJI

HOTMASARI LUBIS, - (2025) PELAYANAN KBIHU DARUSSALAM TERHADAP CALON JAMAAH HAJI KOTA PEKANBARU DALAM PENYELENGGARAAN BIMBINGAN MANASIK HAJI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (BAB GABUNGAN)
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB V - HOTMASRI LUBIS MANAJEMEN DAKWAH.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB HASIL)
BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN - HOTMASRI LUBIS MANAJEMEN DAKWAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (923kB)
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
PERNYATAAN KARYA - HOTMASRI LUBIS MANAJEMEN DAKWAH.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview

Abstract

" Latar belakang dari penelitian ini adalah setiap tahun jamaah haji dan umrah selalu berganti, hal ini tentu saja berdampak pada kualitas pelayanan yang diberikan KBIHU terhadap jamaah. Oleh karena itu KBIHU Darussalam harus terus berupaya meningkatkan pelayanan agar dapat meningkatkan jumlah jamaah yang ada di KBIHU Darussalam. Dalam konteks ini, penting bagi KBIHU Darussalam untuk selalu fokus pada peningkatan pelayanan. Dengan demikian tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui Pelayanan KBIHU Darussalam Terhadap Calon Jamaah Haji Kota Pekanbaru Dalam Penyelenggaraan Bimbingan Manasik Haji. Informan penelitian ini berjumalam lima orang. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan melalui wawancara observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pelayanan KBIHU Darussalam Terhadap Calon Jamaah Haji Kota Pekanbaru Dalam Penyelenggaraan Bimbingan Manasik Haji meliputi lima konsep pelayanan yaitu: pertama, tersedianya instruktur berpengalaman yang telah menunaikan ibadah haji. Kedua, tersediaanya sarana dan prasarana memadai seperti masjid yang nyaman dan luas, media pembelajaran, dan atribut manasik. Ketiga, pelayanan diberikan secara terstruktur dari awal hingga keberangkatan seperti bimbingan dan arahan selama manasik haji. Keempat, KBIHU juga memberikan bimbingan menyeluruh, mulai dari materi manasik oleh para ahli, pengurusan administrasi, hingga layanan konsultasi pribadi. Kelima komunikasi dilakukan secara intensif, termasuk melalui media daring. keenam, mutawwif yang bertugas memiliki kemampuan teoritis dan praktis yang baik, untuk mendukung kenyamanan dan kesiapan jamaah dalam melaksanakan ibadah haji. Kata kunci : Pelayanan, KBIHU, Manasik Haji"

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorArwan, -2025026601arwan@uin-suska.ac.id
Subjects: 297 Islam > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam > 297.74 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 04 Jul 2025 01:37
Last Modified: 04 Jul 2025 01:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/89332

Actions (login required)

View Item View Item