Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS V SDN 41 PEKANBARU

INDAH SULISTIANI, - (2025) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS V SDN 41 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (BAB GABUNGAN)
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV INDAH SULISTIANI - Indah Sulistiani.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB HASIL)
SKRIPSI BAB IV INDAH SULISTIANI - Indah Sulistiani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
surat pernyataan persetujuan publikasi - Indah Sulistiani.pdf - Published Version

Download (824kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Indah Sulistiani, (2025) : Penerapan Strategi Pembelajaran Rotating Trio Exchange untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas V SDN 41 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat siswa melalui strategi pembelajaran rotating trio exchange pada mata pelajaran IPAS di kelas V SDN 41 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjek penelitiannya adalah 1 orang guru dan 26 orang siswa, dan objeknya adalah strategi pembelajaran rotating trio exchange dan kemampuan mengemukakan pendapat siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa kemampuan mengemukakan pendapat siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui strategi pembelajaran rotating trio exchange. Sebelum tindakan perbaikan pembelajaran dilakukan, nilai rata-rata siswa adalah 44,22 atau tergolong dalam kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus I nilai rata-rata siswa adalah 59,80 atau tergolong dalam kategori cukup, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 82,88 atau tergolong dalam kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran rotating trio exchange dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas V SDN 41 Pekanbaru. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Rotating Trio Exchange, Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMIMI HARIYANI, -2013058501Mimi-PGMI@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms. Ernawati
Date Deposited: 03 Jul 2025 04:00
Last Modified: 03 Jul 2025 04:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/89272

Actions (login required)

View Item View Item