RAHMAD RAMADHAN, - (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA IT AL FITYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text (BAB GABUNGAN)
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIIAN (BAB IV) - Rahmad Ramadhan.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (BAB HASIL)
FILE HASIL PENELTIIAN (BAB IV) - Rahmad Ramadhan.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (704kB) |
||
|
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
PUBLIKASI - Rahmad Ramadhan.pdf - Published Version Download (111kB) | Preview |
Abstract
Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Scramble terhadap Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di SMA IT Al Fityah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran scramble terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran geografi di SMA IT AL Fityah Pekanbaru. Penelitian yang di gunakan adalah kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X yang terdiri dari 2 kelas, Sampel penelitian ini adalah kelas XA sebagai kelas kontrol dan XB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Hipotesis T-Tes dan Uji N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Scramble berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa. pada hasil pretest rata-rata skor adalah 67,20. Sedangkan hasil posttest rata-rata skor adalah 88.12. berdasarkan perhitungan statistik Uji T-Test diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil Uji N-Gain penggunaan model pembelajaran scramble dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa sebesar 65 % yang termasuk dalam kategori cukup efektif. Kata Kunci : Scramble, Keaktifan Belajar
| Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi | ||||||||
| Depositing User: | Mrs Rina Amelia - | ||||||||
| Date Deposited: | 03 Jul 2025 02:00 | ||||||||
| Last Modified: | 03 Jul 2025 02:00 | ||||||||
| URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/89249 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
