INDAH RUSDA RIFKA, - (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD ISLAM AL-AZHAR 54 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text (GABUNGAN)
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB HASIL - indah rusda.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
|
|
Text (HASIL PENELITIAN)
BAB HASIL - indah rusda.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 2025. Download (6MB) |
||
|
Text (PERNYATAAN PUBLIKASI)
PERNYATAAN PUBLIKASI - indah rusda.pdf - Published Version Download (350kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Indah Rusda Rifka, (2025) : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD Islam Al-Azhar 54 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran tipe teams games tournament dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD Islam Al-Azhar 54 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan penalaran matematis siswa dalam evaluasi pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek penelitian ini adalah 20 orang siswa kelas IV SD Islam Al-Azhar 54 Pekanbaru tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analilis deskriptif dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa model teams games tournament dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan kemampuan penalaran matematis siswa hanya mencapai rata-rata 53,38% yang berada pada rentang 40-59% dengan kategori kurang baik. Setelah dilakukan tindakan kelas pada siklus I kemampuan penalaran matematis siswa meningkat berada pada rentang 69,69% dengan kategori cukup baik. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 84% dengan kategori Sangat baik. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IV SD Islam Al-Azhar 54 Pekanbaru dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran teams games tournament. Kata Kunci : Model Pembelajaran Teams Games Tournament, Kemampuan Penalaran Siswa.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
| Depositing User: | Mr. Supliadi | ||||||||
| Date Deposited: | 02 Jul 2025 04:17 | ||||||||
| Last Modified: | 02 Jul 2025 04:17 | ||||||||
| URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/89193 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
