MUHAMMAD ARSYAD SULAIMAN, - (2025) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI ROTATING TRIO EXCHANGE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 BANGKINANG KOTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text (GABUNGAN)
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV) - Muhammad Arsyad Sulaiman.pdf - Published Version Download (7MB) | Preview |
|
|
Text (HASIL PENELITIAN)
FILE HASIL PENELTIIAN (BAB IV) - Muhammad Arsyad Sulaiman.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 2025. Download (1MB) |
||
|
Text (PERNYATAAN PUBLIKASI)
publikasi - Muhammad Arsyad Sulaiman.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 2025. Download (116kB) |
Abstract
Muhammad Arsyad Sulaiman, (2025): Pengaruh Penerapan Strategi Rotating Trio Exchange Terhadap Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Bangkinang Kota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya Pengaruh Penerapan Strategi Rotating Trio Exchange Terhadap Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Bangkinang Kota. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang bervariasinya penggunaan model pembelajaran yang dipakai oleh guru, sehingga aktivitas belajar siswa rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperiment. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang belrjulmlah 138 orang yang telrbagi atas 5 kelas yaitul kelas XI IPS 1, XI IPS 2, XI IPS 3, XI IPS 4 dan XI IPS 5 di SMAN 2 Bangkinang Kota, sedangkan objeknya adalah Pengaruh Penerapan Strategi Rotating Trio Exchange Terhadap Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Bangkinang Kota. Teknik pengambilan data melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reabilitas. Hasil analisis uji-t dari skor angket aktivitas belajar siswa antara kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,000< 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan ada perbedaan aktivitas belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan strategi rotating trio exchange dan kelas kontrol yang menggunakan konvensional pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Bangkinang Kota. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Rotating Trio Exchange, dan Aktivitas Belajar Siswa
| Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi | ||||||||
| Depositing User: | Mr. Supliadi | ||||||||
| Date Deposited: | 02 Jul 2025 03:01 | ||||||||
| Last Modified: | 02 Jul 2025 03:01 | ||||||||
| URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/89171 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
