PUPUT TRIANA, - (2025) PENGARUH PEMBERIAN ICE BREAKING OLEH GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text (GABUNGAN)
TANPA BAB IV - Puput Trana.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
|
Text (HASIL PENELITIAN)
PEMBAHASAN - Puput Trana.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 2025. Download (1MB) |
||
|
Text (PERNYATAAN PUBLIKASI)
surat pernyataan puput - Puput Trana.pdf - Published Version Download (175kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara pemberian ice breaking oleh guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengtahuan Sosial di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kampar. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa, diantaranya siswa terkesan pasif dalam proses pembelajaran dan kurangnya perhatian saat belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 113 orang. Sedangkan sampel penelitiannya terdiri dari 62 orang, yaitu kelas VIIC dan VIID dengan penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, bahwa pemberian ice breaking oleh guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kampar. Hal ini dapat diketahui dari rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 79,00 sedangkan nilai rata-rata posttest kelas kontrol 74,03. Berdasarkan hasil uji independent sampel t-test diperoleh hasil thitung > ttabel (8,404 > 2,000), maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan hasil uji effect size diperoleh nilai sebesar 1,07 yang diartikan pengaruh pemberian ice breaking oleh guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 kampar memiliki Strongeffect (efek stinggi).
| Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS | ||||||||
| Depositing User: | Mr. Supliadi | ||||||||
| Date Deposited: | 01 Jul 2025 05:16 | ||||||||
| Last Modified: | 01 Jul 2025 05:16 | ||||||||
| URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/89098 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
