Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH METODE BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 TANAH MERAH KAB. INHIL

NURHABIBA SAFITRI, - (2025) PENGARUH METODE BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 TANAH MERAH KAB. INHIL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (GABUNGAN)
GABUNGAN KECUALI BAB HASIL - Nurhabiba Safitri.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (HASIL PENELITIAN)
BAB HASIL - Nurhabiba Safitri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 2025.

Download (5MB)
[img]
Preview
Text (PERNYATAAN PUBLIKASI)
Surat Pernyataan Serah Terima - Nurhabiba Safitri.pdf - Published Version

Download (507kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurhabiba Safitri (2025): Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Dalam Pebelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanah Merah Kab.Inhil Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Brainstorming terhadap kemampuan berfikir kritis siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di sekolah Menengah Negeri Pertama 1 Tanah Merah Kab.Inhil. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dan kurangnya kemampuan siswa untuk menyimpulkan materi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX yang berjumlah 130 orang. Sedangkan sampel penelitiannya terdiri dari 60 orang, yaitu kelas IX.5 yang berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan IX.3 yang berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol dengan penariakan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji t pada penelitian ini dilakukan pengambilan keputusan dengan membandingkan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 terdapat perbedaan yang signifikan. Selanjutnya dengan membandingkan nilai thitung dan ttabel yang diproleh thitung > ttabel (14,931 > 2,001) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Pengaruh metode brainstorming terhadap kemampuan berfikir kritis Siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapat dilihat hasil uji Effect-Size sebesar 6,78. Sehingga dapat disimpulkan adanya pengaruh yang signifikan antara metode Brainstorming terhadap kemampuan berfikir kritis siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanah Merah Kab.Inhil. Kata Kunci: Metode Braintorming; Kemampuan Berfikir Kritis; Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorALIMUDDIN, -2024096601alimuddin@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: Mr. Supliadi
Date Deposited: 01 Jul 2025 04:56
Last Modified: 01 Jul 2025 04:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/89095

Actions (login required)

View Item View Item