Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 40 PEKANBARU

ALTHARIQUL JANNAH, - (2025) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 40 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (GABUNGAN)
GABUNGAN KECUALI BAB HASIL - althariqul jannah.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (HASIL PENELITIAN)
BAB HASIL - althariqul jannah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 2025.

Download (8MB)
[img]
Preview
Text (PERNATAAN PUBLIKASI)
SURAT PUBLIKASI ALTHARIQUL - althariqul jannah.pdf - Published Version

Download (464kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Althariqul Jannah, (2025): Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model Cooperative Learning Tipe Think Talk Write terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Iimu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa diantaranya kurangnya pemahaman siswa pada materi yang diajarkan oleh guru dan kurangnya kemampuan siswa berpartisipasi dalam suatu kegiatan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII yang berjumlah 174 siswa, sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 70 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, uji N-Gain, dan uji effect size. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa kemampuan hasil belajara siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada kelas eksperimen menggunakan model cooperative learning tipe think talk write memperoleh kategori lebih baik dibandingkan kelas kontrol, dengan rata-rata posstest pada kelas eksperimen sebesar 78,00 dan kelas kontrol sebesar 71,29. Berdasarkan uji hipotests menggunakan Independent Sample t-Test diperoleh dan yaitu 4,356 > 1,996 dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci: Model Cooperative Learning tipe Think Talk Write, Hasil Belajar, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSAKILAH, -2003036601sakilah@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: Mr. Supliadi
Date Deposited: 01 Jul 2025 04:47
Last Modified: 01 Jul 2025 04:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/89092

Actions (login required)

View Item View Item