Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF 3D JAGA SI MANDA (JAM GADANG EDUKASI MIRANDA) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR DAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD CAHAYA HIDUP KECAMATAN MANDAH KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

MIRANDA, - (2025) PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF 3D JAGA SI MANDA (JAM GADANG EDUKASI MIRANDA) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR DAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD CAHAYA HIDUP KECAMATAN MANDAH KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (BAB GABUNGAN)
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIIAN (ABB IV)_compressed (1) - Mira Ndaa.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB HASIL)
FILE HASIL PENELTIIAN (BAB IV) - Mira Ndaa.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
publikasi - Mira Ndaa.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview

Abstract

Miranda, (2025) : Pengembangan Alat Permainan Edukatif 3D Jaga Si Manda (Jam Gadang Edukasi Miranda) Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Dan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Cahaya Hidup Kecamatan Mandah Kabupaten Indragiri Hilir Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurang berkembangnya beberapa indikator perkembangan motorik kasar dan kognitif. Latar belakang lainnya juga karena masih terbatasnya pengadaan APE disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan jam gadang edukasi miranda sebagai APE dalam menstimulasi perkembangan motorik kasar dan kognitif pada AUD. Metode penelitian ini adalah metode pengembangan jenis research and development (R&D) dengan model ADDIE. Teknik analisis data diperoleh dari masukan validator pada tahap validasi, masukan ahli media dan menggunakan statistik pengukuran skala likert. Hasil penelitian ini adalah rata-rata penilaian validator ahli materi mendapatkan persentase kelayakan sebesar 85,7% penilaian ahli media mendapatkan persentase 85,9%, penilaian guru mendapatkan persentase 95,3% sehingga penilaian validator dikategorikan ―sangat layak‖. Dan dalam uji coba produk pada anak memperoleh hasil 98,5%. Temuan dalam penelitian ini adalah anak sudah mampu mengenal simbol, memahami sebab akibat, mampu mengenal angka, mampu melakukan gerakan secara terkoordinasi, sehingga dapat disimpulkan produk hasil pengembangan alat permainan edukatif 3D jaga si manda (jam gadang edukasi miranda) dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar dan kognitif anak usia 5-6 tahun di PAUD Cahaya Hidup Kecamatan Mandah Kabupaten Indragiri Hilir layak untuk di gunakan. Kata kunci : alat permainan edukatif 3D jaga si manda (jam gadang edukasi miranda), kemampuan motorik kasar dan kognitif, anak usia dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHeldanita, M.Pd., -2005079302Heldanita@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 30 Jun 2025 06:39
Last Modified: 30 Jun 2025 06:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/89042

Actions (login required)

View Item View Item