Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ENGLISH LEARNING MOTIVATION AND SPEAKING ABILITY OF ENGLISH EDUCATION STUDENTS: A CORRELATIONAL STUDY AT SULTAN SYARIF KASIM STATE ISLAMIC UNIVERSITY OF RIAU

YOLANDA FAUZIAH HARAHAP, - (2025) ENGLISH LEARNING MOTIVATION AND SPEAKING ABILITY OF ENGLISH EDUCATION STUDENTS: A CORRELATIONAL STUDY AT SULTAN SYARIF KASIM STATE ISLAMIC UNIVERSITY OF RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (BAB GABUNGAN)
SKRIPSI YOLANDA FAUZIAH HARAHAP - Yolanda Fauziah Harahap.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB HASIL)
BAB IV - Yolanda Fauziah Harahap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (732kB)
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
pernyataan upload - Yolanda Fauziah Harahap.pdf - Published Version

Download (560kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Yolanda Fauziah Harahap, (2025): “Motivasi Belajar Bahasa Inggris dan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris: Studi Korelasional di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau” Penelitian ini bertujuan untuk menentukan hubungan antara motivasi belajar bahasa inggris dan kemampuan berbica mahasiswa dalam program studi pendidikan bahasa inggris di universitas islam negeri sultan syarif kasim riau. Penelitian ini menggunakan desain korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari 30 mahasiswa semester enam yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling dari populasi sebanyak 118 mahasiswa. Data dikumpulkan melalui kuesioner untuk mengukur motivasi belajar bahasa inggris dan tes berbicara untuk menilai kemampian berbicara mahasiswa. Hasil analisis data menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara motivasi belajar bahasa Inggris dan kemampuan berbicara mahasiswa, dengan koefisien korelasi sebesar r = 0,649, yang menunjukkan korelasi yang sedang. Kesimpulannya, semakin tinggi motivasi belajar mahasiswa, baik intrinsik maupun ekstrinsik, semakin baik pula kemampuan berbicara mereka dalam bahasa Inggris. Selain itu, hasil uji signifikansi menunjukkan bahwa nilai p (sig.) = 0,000, yang lebih kecil dari tingkat signifikansi α = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (H₀ ) ditolak dan hipotesis alternatif (Hₐ) diterima, yang berarti terdapat korelasi yang signifikan antara kedua variabel tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAbdul Hadi, -2018017301abdul.hadi@uin-suska.ac.id
Subjects: 400 Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 30 Jun 2025 05:37
Last Modified: 30 Jun 2025 05:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/89030

Actions (login required)

View Item View Item