YOLANDA FAUZIAH HARAHAP, - (2025) ENGLISH LEARNING MOTIVATION AND SPEAKING ABILITY OF ENGLISH EDUCATION STUDENTS: A CORRELATIONAL STUDY AT SULTAN SYARIF KASIM STATE ISLAMIC UNIVERSITY OF RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text (BAB GABUNGAN)
SKRIPSI YOLANDA FAUZIAH HARAHAP - Yolanda Fauziah Harahap.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
|
Text (BAB HASIL)
BAB IV - Yolanda Fauziah Harahap.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (732kB) |
||
|
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
pernyataan upload - Yolanda Fauziah Harahap.pdf - Published Version Download (560kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Yolanda Fauziah Harahap, (2025): “Motivasi Belajar Bahasa Inggris dan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris: Studi Korelasional di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau” Penelitian ini bertujuan untuk menentukan hubungan antara motivasi belajar bahasa inggris dan kemampuan berbica mahasiswa dalam program studi pendidikan bahasa inggris di universitas islam negeri sultan syarif kasim riau. Penelitian ini menggunakan desain korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari 30 mahasiswa semester enam yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling dari populasi sebanyak 118 mahasiswa. Data dikumpulkan melalui kuesioner untuk mengukur motivasi belajar bahasa inggris dan tes berbicara untuk menilai kemampian berbicara mahasiswa. Hasil analisis data menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara motivasi belajar bahasa Inggris dan kemampuan berbicara mahasiswa, dengan koefisien korelasi sebesar r = 0,649, yang menunjukkan korelasi yang sedang. Kesimpulannya, semakin tinggi motivasi belajar mahasiswa, baik intrinsik maupun ekstrinsik, semakin baik pula kemampuan berbicara mereka dalam bahasa Inggris. Selain itu, hasil uji signifikansi menunjukkan bahwa nilai p (sig.) = 0,000, yang lebih kecil dari tingkat signifikansi α = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (H₀ ) ditolak dan hipotesis alternatif (Hₐ) diterima, yang berarti terdapat korelasi yang signifikan antara kedua variabel tersebut.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||
| Subjects: | 400 Bahasa | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris | ||||||||
| Depositing User: | Ms. Hidayani | ||||||||
| Date Deposited: | 30 Jun 2025 05:37 | ||||||||
| Last Modified: | 30 Jun 2025 05:37 | ||||||||
| URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/89030 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
