Misdawati (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MURID DALAM MEMPELAJARI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V PADA MATERI AKIDAH MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DI SDN 041 PULAU BIRANDANG KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2011_2011190.pdf Download (808kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar murid pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, hal ini terlihat 16 orang atau 53,33% belum mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 6,5, begitu juga metode yang digunakan guru dalam pembelajaran cendrung menggunakan metode ceramah dan sangat sedikit melibatkan murid dalam proses pembelajaran. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah melalui metode pembelajaran kooperratif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam murid kelas V Pada Materi Akidah di SDN 041 Pulau Birandang Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam murid kelas V Pada Materi Akidah di SDN 041 Pulau Birandang Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar melalui metode pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Adapun waktu penelitian ini dilaksanakan bulan Juli hingga selesai. Mata pelajaran yang diteliti adalah pelajaran Pendidikan Agama Islam. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berhasilnya penggunaan metode pembelajaran kooperratif tipe Think Pair Share pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, diketahui adanya peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam murid kelas V Pada Materi Akidah dari sebelum tindakan, siklus I dan siklus II. Pada sebelum tindakan ketuntasan murid hanya mencapai 16 orang murid atau ketuntasan murid hanya mencapai 53,33%. Pada siklus pertama ketuntasan murid mencapai 21 orang murid atau ketuntasan telah mencapai 70,00%. Dengan demikian secara klasikal atau secara keseluruhan hasil belajar murid belum 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 6,5, secara individu sebagian masih ada murid yang tidak tuntas. Setelah dilakukan tindakan perbaikan yaitu pada siklus II ternyata ketuntasan siwa mencapai 26 orang murid atau dengan persentase 86,67%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan melalui metode pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS), hasil belajar Pendidikan Agama Islam murid kelas V pada materi Akidah di SDN 041 Pulau Birandang Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar dapat meningkat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 22 Dec 2015 03:54 |
Last Modified: | 22 Dec 2015 03:54 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/89 |
Actions (login required)
View Item |