PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF MODEL SURAT-SURAT YTH. ADDIE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 005 ALAM PANJANG KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR

Tamriani, (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF MODEL SURAT-SURAT YTH. ADDIE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 005 ALAM PANJANG KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Univeritas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131317PGMI.pdf

Download (294kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 005 Alam Panjang Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar melalui strategi pembelajaran aktif model surat-surat Yth. Addie, dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam terdapat beberapa fenomena yang berkaitan dengan hasil belajar siswa diantaranya: Sekitar 70% siswa merasa kesulitan untuk memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru hal ini terlihat ketika dilakukan post test sebagian besar siswa tidak bisa menjawab pertanyaan yang diberikan. Berdasarkan nilai ulangan haria hampir 80% dari jumlah siswa yaitu 26 orang menjalani ujian perbaikan atau remedial. Sekitar 60% siswa tidak bisa menyelesaikan soal tes yang dilakukan oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian lebih terarah sesuai dengan perencanaan, maka penelitian ini terdiri atas beberapa tahapan yaitu: perencanaan/persiapan tindakan, kemudian pelaksanaan tindakan, serta observasi dan refleksi tindakan. Adapun yang menjadi Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 005 Alam Panjang Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah penerapan strategi pembelajaran aktif model surat-surat Yth. Addie dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang positif terhadap hasil belajar siswa, sebelum dilakukan tindakan diperoleh nilai rata-rata kelas 59 dengan kategori kurang, setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I, hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 68 dengan kategori cukup. Sedangkan pada tindakan siklus II juga terjadi peningkatan dengan rata-rata 77 dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Nov 2016 10:21
Last Modified: 07 Nov 2016 10:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8897

Actions (login required)

View Item View Item